Apakah Kotamu Masuk 10 Kota Terkecil Di Indonesia Berdasarkan Peta?

8. Kota Madiun

Di urutan kota terkecil selanjutnya diisi oleh Kota Madiun yang juga berada di Provinsi Jawa Timur. Kalau dengar Madiun maka yang terbayang adalah makanan khasnya yaitu Pecel Madiun. Pecel Madiun ini biasanya disajikan di atas daun pisang atau pincuk, isinya sendiri adalah sayuran kangkung, kacang panjang, tauge dan petai cina. Biasanya ditaburi serundeng dan saus kacang yang menggugah selera. Untuk pilihan lauk bermacam-macam ada tahu tempe, rempeyek dan telur, rasanya pokoknya maknyus dan khas. Disamping pecel, Madiun juga dikenal dengan makanan brem. Selain makanan, Madiun juga tercatat dalam sejarah di mana pernah terjadi pemberontakan PKI di sana tahun 1948 yang dipimpin Musso. Kota Madiun juga terkenal dengan kota pendekar.

Luasnya yang 3.600 an hektar menjadikannya berada di urutan 8 kota terkecil di Indonesia. Di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Magetan, sedangkan di utara, timur, dan selatan berbatasan dengan Kabupaten Madiun. Jadi Madiun juga adalah nama kabupaten yang berbatasan dengan kotanya.

Sayangnya di internet sulit didapat informasi pasti kapan tanggal berdirinya pemerintahan Kota Madiun, rata-rata bersatu dengan sejarah Kabupaten Madiun. Sepertinya sama dengan Tegal dan Pasuruan, Kota Madiun juga ditetapkan tahun 1950 (berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1950 tanggal 14 Agustus 1950 tentang Pembentukan Daerah Kota Besar dalam lingkungan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta)1. Hal itu tidak heran karena Kota Madiun dulu di zaman penjajahan adalah pusat Karesidenan Madiun, artinya dari baheula sudah ramai dan sudah kota, serta berperan penting dalam berbagai aktifitas.

7. Kota Blitar

Kota ini dalam sejarah di zaman perang kemerdekaan terkenal dengan pemberontakan pasukan PETA atau Pasukan Pembela Tanah Air terhadap Jepang yang dipimpin oleh Supriyadi. Di kota ini pula terletak makam presiden RI pertama Soekarno. Pasca kemerdekaan kota ini juga ditetapkan berdirinya di tahun 1950 (Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1950 tentang Pemerintahan Daerah Kota Ketjil Djawa Timur/Tengah/Barat)1. Jadi seperti juga Madiun, Kota Blitar pun secara kesejarahan sudah lama berdiri dan ramai dengan aktifitas sosial, ekonomi, dan juga politik.




Wilayahnya 100% dikelilingi oleh Kabupaten Madiun, dan dekat dengan Gunung Kelud sehingga selalu terkena aliran lahar ketika letusannya, maka kota ini juga dikenal sebagai Kota Lahar. Kota di Jawa Timur yang luasnya 3.500 an hektar ini menjadikannya ada di urutan ke 7 kota terkecil di Indonesia.

6. Kota Yogyakarta

Cerita tentang kota ini rasanya tidak usah dibahas lagi, cerita dan info kota yang menjadi judul lagunya band KLA Project ini sudah banyak diketahui orang. Kota Yogya pastinya punya peran penting bagi Indonesia dari dulu sampai sekarang. Kota ini pernah menjadi ibukota negara Indonesia ketika Jakarta dikuasai penjajah Belanda dalam masa perang kemerdekaan. Presiden ke 2 RI Soeharto juga berasal dari Yogyakarta.



Sudah banyak julukan bagi kota ini baik dari sisi sejarah, politik, ekonomi, pendidikan, dan lainnya. Kota ini merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, dan pastinya bagian dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY. Kampus UGM, Jalan Malioboro, Keraton Yogyakarta, Tugu Yogyakarta adalah beberapa landmark terkenal dari kota ini. Makanan terkenalnya sudah pasti gudeg dan bakpia.

Luasnya wilayahnya yang hanya 3.200 hektar menjadikannya di urutan 6 kota terkecil di Indonesia. Secara administrasi Kota Yogyakarta berbatasan dengan Kabupaten Sleman di sebelah barat, utara, dan timur serta dengan Kabupaten Bantul di selatan. Letaknya yang di lereng Gunung Merapi menjadikannya juga rawan bencana gunung berapi, termasuk juga rawan gempa yang mana di tahun 2006 bahkan memakan banyak korban jiwa.

Sampai di sini kita jadi tahu bahwa urutan 6 – 10 kota terkecil di Indonesia ‘dikuasai’ oleh kota-kota di Pulau Jawa khususnya Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rata-rata kota-kota tersebut berdiri sejak lama bahkan ketika zaman penjajahan dan dari dulunya sudah ramai dan punya peran penting baik bagi ekonomi, sosial, politik dan lainnya. Nah apakah urutan 1 – 5 kota-kota terkecil di Indonesia masih dikuasai oleh kota-kota di Pulau Jawa dan kota-kota lama? Baca lanjutannya di bagian 2.

 

Keterangan

1 Perlu verifikasi lagi
Sumber foto : wikimedia.org
Sumber peta : olahan lintasbumi



About Lintas Bumi 124 Articles
Lintas Bumi adalah blog berbagi info, trik, dan data seputar dunia informasi geospasial baik nasional ataupun global.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*