Kabupaten / Kota Dengan Pulau Terbanyak Di Indonesia

Kabupaten / Kota Dengan Pulau Terbanyak Di Indonesia

Mendengar Kepulauan Seribu tentu anda tahu ya, wilayah di utara Jakarta itu memang terkenal akan jumlah pulaunya yang banyak dan merupakan tujuan wisata terkenal. Secara administratif Kepulauan Seribu juga merupakan nama sebuah kabupaten di DKI Jakarta. Namun tidak seperti namanya ternyata Kabupaten Kepulauan Seribu jumlah pulaunya hanya 109 lho! Tahukah anda mana kabupaten di Indonesia yang mempunyai pulau terbanyak dalam wilayahnya? Ikuti terus postingan ini.

Kita tahu dari pelajaran geografi di sekolah bahwa secara geografis Indonesia ini adalah negara kepulauan, ya karena terdiri dari banyak pulau di dalamnya. Bahkan dikatakan bahwa Indonesia mempunyai 17.000 pulau baik besar ataupun kecil, dan merupakan negara dengan kepulauan yang besar (banyak di dunia). Bandingkan misalnya dengan Filipina yang juga negara kepulauan yang ‘hanya’ mempunyai jumlah pulau 7.107 buah dan yang dihuni sekitar sekitar 2.000.

Indonesia adalah peringkat ke 5 di dunia negara dengan pulau terbanyak di bawah Swedia (221.800), Finlandia (188.000), Norwegia (55.000), dan Kanada (52.455). Namun seiring perjalan sejarah dan politik jumlah pulau di Indonesia terus berkurang, lah koq bisa? Ingat di tahun 2002 kalau tidak salah Timor Timur yang tadinya provinsi jadi negara sendiri otomatis tuh pulau di dalam wilayahnya pun ikut jadi negara baru, lalu Pulau Sipadan dan Ligitan jadi milik Malaysia di tahun 2003, jadinya berkurang lagi kan tuh jumlah pulau di Indonesia. Belum lagi mungkin karena adanya peristiwa alam semacam gempa, naiknya muka air laut dan lain-lain menyebabkan adanya pulau yang tenggelam atau sebaliknya muncul pulau baru.

Kepulauan Seribu. Sumber : wikimedia.org
Apa itu pulau?

Berdasarkan Permendagri No. 58 tahun 2021, definisi pulau adalah wilayah daratan yang terbentuk secara alamiah yang dikelilingi air dan berada di atas permukaan air pada waktu air pasang. Sedangkan menurut UN Convention on The Law of The Sea (UNCLOS 1982) Article 121, pulau adalah massa daratan yang terbentuk secara alami yang dikelilingi air dan tidak tenggelam pada saat pasang tertinggi (dalam hal ini, mangrove, batu, gosong tidak termasuk sebagai kriteria pulau). Pulau yang tidak terbentuk secara alami seperti pulau buatan atau pulau hasil reklamasi tidak dapat dikategorikan sebagai pulau.

Pulau terbagi ke dalam dua jenis berdasarkan ukurannya/luasnya yaitu pulau besar seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Jawa, dan lainnya. Lalu ada juga pulau kecil, di mana definisi menurut UU No. 1 tahun 2014 Pulau Kecil adalah pulau dengan luas lebih kecil atau sama dengan 2.000 km2 (dua ribu kilo meter persegi) beserta kesatuan Ekosistemnya.

Berapa jumlah pulau di Indonesia

Berdasarkan pemutakhiran oleh pemerintah tahun 2021 yang dituangkan dalam Permendagri No. 58 Tahun 2021 tentang Kode, Data Wilayah Administrasi Pemerintahan, dan Pulau, dalam lampirannya menyatakan jumlah pulau di Indonesia per Desember 2021 adalah sebanyak 16.772. Pulau yang didiami alias berpenduduk sebanyak 1.766 pulau (10,53%), yang tidak berpenduduk sebanyak 15.006 pulau (89,47%).

Sedangkan berdasarkan data dari Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian KKP, jumlah total pulau di Indonesia adalah 16.771, yang bisa dicek di sini. Berdasarkan data kementerian KKP itu maka berikut ini adalah mereka 10 besar kabupaten / kota yang mempunyai pulau terbanyak dimulai, dari urutan terbawah:




10. Kabupaten Morowali (281 Pulau)

Kabupaten Morowali berada di Provinsi Sulawesi Tengah, dengan luas 5.472 km2, sebelah selatannya berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Tenggara. Ibukota Kabupaten Morowali terletak di Bungku yang berada di Pulau Sulawesi.

Adapun pulau-pulau yang terkenal di Morowali adalah Pulau Padopado, Pulau Bapa, Pulau Tadinang, Pulau Waruwaru, Pulau Paku, Kepulauan Umbele, Pulau Buntu, Pulau Sainoa.

9. Kabupaten Halmahera Selatan (404 Pulau)

Anda penggemar batu akik? pernah mendengar batu Bacan? ya Bacan adalah salah satu pulau terkenal di Kabupaten Halmahera Selatan. Kabupaten di Provinsi Maluku Utara dengan luas 8.779 km² ini memang kaya dengan barang tambang dan tak heran pertambangan dan galian merupakan salah satu sektor penyumbang terbesar APBD kabupaten ini. Ibu kota Halmahera Selatan terletak di Labuha di Pulau Bacan, sebagian wilayah kabupaten lainnya berada di Pulau Halmahera.

Pulau-pulau terkenal di Halmahera Selatan antara lain Pulau Kasiruta, Pulau Bacan, Pulau Mandioli, Pulau Obit, Pulau Bisa, Pulau Tapat, Pulau Belangbelang, Pulau Obilatu, Pulau Obi, Pulau Malamala, Pulau Gomumu, Pulau Tobalai, Pulau Damar, Pulau Joronga, Pulau Woka, Pulau Weda, Pulau Makian, Pulau Kajoa, Pulau Laloin, Pulau Guraici, Pulau Lelei, Pulau Buli, Pulau Muari, Pulau Latalata.

8. Kabupaten Banggai Kepulauan (451 Pulau)

Kabupaten ini berada di Provinsi Sulawesi Tengah, dengan ibukota di Salakan di Pulau Peleng, dengan luas kabupaten adalah 12,20 km².




Pulau-pulau di sana yang terkenal adalah Pulau Peleng, Pulau Bangkalan, Pulau Batupanapi, Pulau Kombotan, Pulau Tamailoboang, Pulau Tibarat, Pulau Patolang, Pulau Mbumbu, Pulau Sayol, Pulau Tatapon, Pulau Bolokimolomos, Pulau Lipulalongo, Pulau Batulabut, Pulau Sangean, Pulau Sayor, Pulau Poina, Pulau Tonggobubu, Pulau Tonggulungpauno, Pulau Tonggulungbabasai, Pulau Tongkulun, Pulau Saleng, Pulau Akalo, Pulau Kamaco, Pulau Lesampuang, Pulau Poson, Pulau Tongan, Pulau Balatindakan.

7. Kota Batam (453 Pulau)

Nama kota ini pastilah semua orang tahu, letaknya di Provinsi Kepulauan Riau dan berbatasan di utaranya dengan Negara Singapura. Pulau utamanya adalah Pulau Batam, dan luas kota ini adalah 1.595 km². Sektor industri adalah penyumbang APBD terbesar kota ini. Ini merupakan satu-satunya kota di urutan 10 besar pulau terbanyak.

Pulau-pulau di sana yang terkenal adalah Pulau Batam, Pulau Bulan, Pulau Kapalajernih, Pulau Pemping, Pulau Kasu, Pulau Batuampar, Pulau Mamat, Pulau Pelangi, Pulau Serayacundung, Pulau Ketapa, Pulau Tandur, Pulan Panjan, Pulau Buntong, Pulau Sali, Pulau Dongdang, Pulau Cuhin, Pulau Tekkon, Pulau Jaloh, Pulau Terong, Pulau Tanjungladan, Pulau Panjang, Pulau Pasitbesar, Pula Poa, Pulau Rempang, Pulau Galang, Pulau Galang Baru, Pulau Abang Besar, Pulau Pengalap, Pulau Dedap, Pulau Ngenang, Pulau Momoi, Pulau Bakau, Pulau Matangcilik, Pulau Malang, Pulau Kubong, Pulau Kasem, Pulau Lepang, Pulau Lukus, Pulau Raja, Pulau Bokor, Pulau Mentiang.

6. Kabupaten Tojo Una-Una (495 pulau)

Kabupaten ini terletak di Provinsi Sulawesi Tengah bagian utara di Teluk Tomini dengan luas 5.722 km². Ibukotanya terletak di Ampana di Pulau Sulawesi. Karena keunikan pulau-pulau di sana, sebagian wilayahnya dijadikan Taman Nasional Kepulauan Togean sejak tahun 2004. Perikanan dan pariwisata laut merupakan sektor unggulan wilayah ini, bahkan keindahan bawah lautnya merupakan surga bagi para penyuka diving. Di sisi lain wilayah ini juga rawan akan terjadinya gempa bumi dan tsunami.




Pulau-pulau terkenal di sana antara lain Pulau Una-Una (b), Pulau Batudaka (b), Pulau Togean (b), Waleabahi, Pulau Waleakodi, Pulau Malenge, Pulau Bungin, Pulau Pogodongan, Pulau Pohon Ndongo, Kepulauan Sunsuri, Pulau Babakun, Pulau Pinomotan, Pulau Bungin, Pulau Mamali, Pulau Hoo, Pulau Watubalu, Pulau Takurak, Pulau Bukabuka, Pulau Enam, Pulau Mogo Kecil, Pulau Mogo Besar, Pulau Ogu, Kepulauan Kabalutan, Kepulauan Layang, Pulau Bangkao, Pulau Molom, Pulau Kalia Besar, Pulau Kalia Kecil, Pulau Tombolang, Pulau Bambu, Pulau Takulak, Pulau Kukumbi,

5. Kabupaten Fakfak (533 pulau)

Kabupaten di Provinsi Papua Barat ini mempuyai luas 14.320 km², Semenanjung Bomberai merupakan lokasi yang terkenal di sana, ibukotanya berada di Fakfak di Pulau Papua. Secara sosiologi penduduk di sana mayoritas adalah muslim.

Walaupun mempunyai banyak pulau, banyak diantara pulau di Fakfak belum bernama. Pulau-pulau yang terkenal antara lain Pulau Panjang, Pulau Semai, Pulau Samei, Pulau Samei Kecil, Pulau Karas, Pulau Tarak.

4. Kabupaten Lingga (628 Pulau)

Kabupaten ini merupakan salah satu lokasi penghasil timah khususnya di Pulau Lingga dan Singkep, merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau. Kabupaten seluas 2.267 km² ini dulunya merupakan pemekaran dari Kabupaten Kepulauan Riau tahun 2003 dengan ibukotanya terletak di Daik di Pulau Lingga.

Pulau Lingga (b), Pulau Singkep (b), Pulau Posik, Pulau Bandahara, Pulau Rusukbuaja, Pulau Selajar, Pulau Kongka Besar, Pulau Sebangka, Pulau Buaja, Pulau Cempah, Pulau Bakung, Pulau Temiang, Pulau Mesanak, Pulau Setambal, Pulau Gamai, Pulau Tekeros, Pulau Peredi, Pulau Medang, Pulau Bansa, Pulau Benan.

3. Kabupaten Kaimana (665 Pulau)

Nama Kaimana terkenal karena lagu Senja Di Kaimana yang dinyanyikan Alfian Harahap, kabupaten yang juga terletak di Pulau Papua tepatnya Provinsi Papua Barat ini merupakan salah satu kabupaten terluas di Indonesia dengan luas 18.500 km2. Ibukotanya di Kaimana di Pulau Papua.

Pulau yang cukup besar di Kabupaten Kaimana adalah Pulau Adi, Pulau Aiduma, Pulau Namatota, dan Pulau Dramai.

2. Kabupaten Kepulauan Aru (676 pulau)

Mendengar kata Aru maka ingat akan laut Arafuru atau laut Aru yang dikenang dengan peristiwa gugurnya pahlawan nasional Laksamana Yos Sudarso dalam perjuangan merebut Irian Barat (Trikora) di KRI Macan Tutul yang ditembak kapal perang Belanda di laut itu, pada 15 Januari 1962. Kabupaten ini merupakan bagian dari Provinsi Maluku yang lokasinya di sebelah timur Kota Tual. Mempunyai luas 6.427 km², dengan ibukotanya di Dobo di Pulau Warmar, dan terkenal sebagai penghasil mutiara berkualitas tinggi di dunia lho.



Pulau Wokam (b), Pulau Ngoba, Pulau Warilau, Pulau Jedan, Pulau Lutur, Pulau Buwar, Pulau Kola, Pulau Kulur, Pulau Binaar, Pulau Wodinnun, Pulau Aduar, Pulau Kumul, Pulau Tabar, Pulau Jursian, Pulau Karaweira Besar, Pulau Mariri, Pulau Leer, Pulau Mimien, Pulau Penambulai, Pulau Wolvat, Pulau Lelamtuti, Pulau Aun, Pulau Barakan, Pulau Workai, Pulau Bengori, Pulau Penjuring, Pulau Djeudin, Pulau Djeh, Pulau Enu, Pulau Warmar, Pulau Ujir, Pulau Wasir, Pulau Meirang, Pulau Babi, Pulau Kobror (b), Pulau Maekon (b), dan Pulau Trangan (b).

1. Kabupaten Raja Ampat (2,881 pulau)

Inilah juara kabupaten dengan jumlah pulau terbanyak di Indonesia. Namanya yang sudah mendunia karena wisata bawah lautnya menjadikan sektor pariwisata adalah andalan Kabupaten Raja Ampat. Kabupaten seluas 71.605 km² di Provinsi Papua Barat ini sebagian besar wilayahnya adalah laut, dengan ibukotanya terletak di Waisai di Pulau Waigeo.

Walaupun merupakan kabupaten di Indonesia dengan pulau terbanyak, sayangnya banyak yang belum diberi nama. Beberapa pulau yang ada di Raja Ampat antara lain Pulau Raja, Pulau Waigeo (b), Pulau Batanta (b), Pulau Mansuar, Pulau Gam, Pulau Friwenbonda, Pulau Manyaifun, Pulau Kawe, Pulau Balabalak, Pulau Wajag, Pulau Quoy, Pulau Sajang, Pulau Uranie, Kepulauan Ayu, Pulau Ayu, Pulau Reni, Pulau Fani, Pulau Igi, Pulau Marin, Pulau Kofiau, Pulau Boo, Pulau Nampale, Pulau Fafan, Pulau Misool (b), Pulau Batang Pele.

Sebagian besar 10 kabupaten / kota dengan pulau terbanyak berada di wilayah Sulawesi dan Papua (masing-masing 3 kabupaten), 2 dari Sumtera, dan masing-masing 1 dari Maluku dan Maluku Utara.



About Lintas Bumi 94 Articles
Lintas Bumi adalah blog berbagi info, trik, dan data seputar dunia informasi geospasial baik nasional ataupun global.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*