Google Maps Di ArcGIS Pro Kali Ini Tanpa Plugin Dan ArcGIS Online

Jika pada postingan sebelumnya tentang menampilkan Google Map di ArcGIS Desktop ataupun ArcGIS Pro tanpa menggunakan plugin, kali ini ada cara yang lebih mudah lagi bahkan tanpa melalui ArcGIS Online. Yap, mungkin karema merespon kebutuhan pengguna ArcGIS yang banyak menggunakan Google Map, di ArcGIS Pro kini lebih dimudahkan lagi.

Baca Juga : Google Maps Di ArcGIS Desktop (ArcMap) Dan ArcGIS Pro Tanpa Plugin? Tentu Saja Bisa !

ArcGIS Pro memang sudah didesain untuk menggantikan ArcGIS Desktop yang ternyata sudah distop di ArcGIS 10.8.1, dan garansinya alias dukungan teknis ArcGIS Desktop dari pihak ESRI hanya akan bertahan sampai Maret 2026. Dalam beberapa kesempatan Lintasbumi mencoba klak-klik di ArcGIS Pro, bisa dikatakan kelengkapan menu di dalamnya sudah didesain untuk bekerja secara online.

Baca Juga : Bye Bye ArcGIS Desktop : Akhirnya Diskontinyu

Misalnya jika di ArcGIS Desktop untuk mengakses layer WFS atau Web Feature Service harus menginstal dan mengaktifkan Data Interoperability terlebih dulu, maka di ArcGIS Pro tidak usah lagi sebab sudah tersedia menjadi menu default di add Connection. Dengan koneski WFS layer yang muncul bisa diekspor sebagai shapefile atau feature class atau dengan kata lain bisa didownload. Walaupun di luar itu bisa juga menggunakan koneksi ArcGIS Server langsung atau menggunakan tools lainnya.

Baca Juga : Kesampaian Juga Nyobain ArcGIS Pro Untuk Unduh Data

Koneksi WFS pada ArcGIS Pro
Koneksi WFS pada ArcGIS Pro

Yang belum kesampaian kerja secara online di ArcGIS Pro untuk konteks saat ini mungkin tidak seperti di QGIS yang sudah ada konsole python untuk bekerja dengan Google Earth Engine dan menampilkannya langsung di canvas map nya QGIS. Mungkin siapa tahu ke depan di ArcGIS Pro juga bisa ada, siap tahu?



Base Map ArcGIS Pro

Dalam bekerja dengan SIG tidak bisa dipungkiri bahwa para pengguna SIG terkadang membutuhkan peta lain sebagai komparasi dengan data yang dipunyainya atau peta yang sedang ditampilkannya. Peta lain tersebut sebagai perbandingan misalkan untuk mengecek bentuk wilayah (garis pantai, alur sungai, batas administrasi, dan sebagainya) atau sebagai indikasi akurasi lokasi, nama tempat (toponimi), dan sebagainya.

Pilihan Base Map di ArcGIS Desktop dan ArcGIS Pro

Bagi para pengguna ArcGIS baik Desktop ataupun Pro, mungkin sudah mengetahui bahwa di dalamnya sudah tersedia peta pembanding tersebut yang dinamakan Base Map atau Peta Dasar. Peta tersebut hanya bisa diakses jika sedang online. Dalam ArcGIS Desktop hanya tersedia 10 jenis yang kebanyakan produk ESRI termasuk juga NG Maps dan Openstreet Maps, namun di ArcGIS Pro pilihannya lebih banyak ada sekitar 23 jenis sudah termasuk yang terdapat di ArcGIS Desktop, plus peta-peta lainnya. Bahkan secara default, ketika pengguna ArcGIS Pro membuka aplikasi pertama kali sudah disuguhkan base map World Topograhic Map dan World Hillshade.

Colored Pencil Map
Base Map dari Colored Pencil Map di ArcGIS Pro

Namun sayangnya lagi-lagi tidak ada atau belum ada pilihan Base Map dari keluarga Google Map seperti Google Street, Satellite, Hybrid, dan sebagainya. Padahal Lintasbumi meyakini banyak pengguna SIG atau khususnya ArcGIS yang ngebet ingin bisa menampilkan Google Maps di ArcGIS nya sebagai Base Map.



Data From Path dan XYZ Tile Di ArcGIS Pro

Nah jika pada postingan sebelumnya untuk menampilkan Google Maps di ArcGIS Pro bisa dilakukan melalui ArcGIS Online terlebih dulu, maka kini tidak perlu repot harus ke sana lagi. Tapi masih ada sayangnya, sebab teknik atau fasilitas ini hanya bisa berjalan di ArcGIS Pro versi 2.6 ke atas yang kebetulan Lintasbumi sudah punya. Caranya yaitu memanfaatkan menu Add Data – Data From Path.

Tools Data From Path di ArcGIS Pro
Tools Data From Path di ArcGIS Pro

Sebetulnya menu atau tool tersebut sudah ada di ArcGIS Pro sebelum versi 2.6 hanya saja tidak bisa untuk mengakses peta xyz tile. Yap, di versi 2.6 ke atas, Data From Path nya ArcGIS Pro sudah bisa langsung mengakses alamat url xyz tile, tidak hanya untuk Google Maps tapi juga untuk yang lainnya. Inipun memurut Lintasbumi termasuk ketinggalan karena kalau di QGIS fasilitas seperti ini sudah lama ada.

Berikut ini contoh beberapa xyz service tile ArcGIS Pro yang dicoba oleh Lintasbumi.

Google Maps (Hybrid) sebagai tile layer di ArcGIS Pro
Google Maps (Hybrid) sebagai tiled service layer di ArcGIS Pro
Openstreet Map Black and White sebagai tiled service layer di ArcGIS Pro
OpenTopoMap
OpenTopoMap sebagai tiled service layer di ArcGIS Pro

Tahapan di atas bisa juga dilihat pada video berikut ini;

Adapun untuk alamat-alamat url xyz tile keluarga Google Maps silahkan bisa dilihat di postingan Lintasbumi sebelumnya atau bisa mencarinya via Google Search karena sudah umum digunakan. Jika penasaran untuk mempraktekannya anda juga harus mencari ArcGIS Pro 2.6 ke atas telebih dulu. Semoga bermanfaat.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *