Work From Home, Install ArcGIS 10.8 Done ! Let’s you too ! (Include link for ArcGIS 10.7.1 download)

Bagaimana kabar anda saat ini, masih Work From Home alias kerja dari rumah ? Tetap semangat ya, mari kita sama-sama memutus penularan Covid 19 ini dengan hanya di rumah saja, disiplinkan diri dan jadilah bagian dari solusi. Walaupun di rumah saja pasti akan datang kebosanan, namun tetaplah ceria, pertahankan semangat kerja anda karena itu akan mendukung imun tubuh. Cari ide-ide baru yang bisa dilakukan untuk mengusir kejenuhan di rumah, tetap lakukan hal-hal positif yang membuat anda tetap produktif salah satunya dengan mengupdate software-software yang ada di laptop anda, termasuk tentunya ArcGIS !

Versi berapa ArcGIS yang anda miliki sekarang, 10.1, 10.2, ……, atau 10.7.1 seperti saya? Kini saatnya anda menguninstall ArcGIS (dektop) versi-versi tersebut dan bisa memperbaharuinya dengan versi 10.8 yang dirilis satu bulan kemarin. Tapi harus diingat, janganlah terlalu bernafsu atau terburu-buru melakukan update. Kenapa ? karena update ini hanya bisa dilakukan jika ‘spek’ komputer atu laptop anda memenuhi syarat optimal untuk ArcGIS 10.8. Harap diingat juga bahwa layaknya konsekuensi sebuah update ArcGIS ke versi terbaru, semua data mxd versi lama akan tetap bisa dibuka di ArcGIS 10.8 ini, namun jika sebaliknya tidak akan bisa. Jangan sampai gara-gara ingin up to date ArcGIS nya malah menjadikan data-data spasial anda sebelumnya menjadi ambyar.

Kenapa harus ke 10.8 ? Kalau menurut pengamatan Lintasbumi sih sebetulnya tidak ada alasan spesial. Alasannya hanya ingin up to date saja, soalnya kalau dilihat dari sisi perbaruan pun, versi 10.8 bisa dibilang sedikit saja. Beberapa perbaruan yang berhasil Lintasbumi catat dan perhatikan antara lain;

– Penambahan beberapa parameter pada toolbox khususnya Cartography dan Spatial analyst, namun secara awam pun hal itu sebetulnya tidak akan banyak berpengaruh terhadap pengguna biasa.

– Dari sisi data, update ditambahkan pada prosedur publish ke ArcGIS Server dan jenis data yang support untuk geodatabase. Bagi yang tidak punya atau tidak berurusan dengan ArcGIS Server hal ini pun gak ngaruh.

– Penambahan jenis proyeksi peta, yang sebenarnya bagi kita yang mainannya peta wilayah Indonesia lagi-lagi gak ngaruh yaitu proyeksi Adams square II, Tobler cylindrical I dan Tobler cylindrical II.

Jika anda ingin info what’s new ArcGIS 10.8 yang selengkapnya silahkan lihat langsung di situs ESRI. So sekali lagi ini hanya jika anda ingin update saja ArcGIS nya, jika masih nyaman dengan ArcGIS Desktop versi sebelumnya maka tidak usah melakukan perbaruan juga.



Bagaimana Cara Installnya?

Tidak ada cara install yang spesial juga, masih sama dengan versi-versi ArcGIS yang sebelumnya.

# Uninstall terlebih dahulu versi ArcGIS sebelumnya

# Silahkan anda unduh masternya dulu pada link berikut;

ARCGIS 10.8 MASTER INSTALL

# Ekstrak hasil unduh, akan terdapat file dengan exkstensi .exe dan folder crack. Jalankan file .exe, ikuti terus pilihan sampai prosesnya selesai (finish).

# Setelah install ArcGIS selesai copy kan file afcore.dll pada folder crack, ke folder c:/program files/ArcGIS/Desktop10.8/bin atau c:/program files(x86)/ArcGIS/Desktop10.8/bin pada Windows 64 bit. Selesai !

#Silahkan test ArcMap nya.

# Harap dicatat, untuk extension seperti 3D Analyst, Spatial Analyst, dan lainnya, terkadang toolbox nya belum jalan. Karena crack ini untuk versi lisensi concurrent maka memang harus menggunakan License Manager versi yang sesuai, sayangnya sampai saat ini belum ada (crack nya), jadi nampaknya masih harus bersabar lagi nunggu yang full.

Illustrasi exception di antivirus

Just in case mau coba sebetulnya bisa menginstall license manager + cracknya untuk yang ArcGIS versi 10.6.1 dan pastikan file lmgrd.exe dan arcgis.exe (crack) tidak diblok antivirus atau setting di exception antivirus anda, karena kalau tidak maka otomatis diblock / delete dan license manager nya menjadi tidak running. Bahkan pada beberapa kasus termasuk file afcore.dll juga harus dimasukan exception. Lintas bumi sudah coba itu dan sukses semua extension ArcGIS 10.8 jalan.

Untuk video tutorial install ArcGIS 10.8 silahkan lihat di bawah ini

NB:

Bagi yang berminat dengan ArcGIS 10.7.1 silahkan anda mengunduh di link berikut;

ARCGIS 10.7.1 MASTER INSTALL

Cara install nya sama dengan versi 10.8 di atas.


10 komentar tentang “Work From Home, Install ArcGIS 10.8 Done ! Let’s you too ! (Include link for ArcGIS 10.7.1 download)”

  1. maaf mau nanya apakah ada tutorial cara menggunakan license arcgis 10.6 untuk arcgis 10.8 ini.. sy coba cara seperti biasa gagal terus.

    1. Tidak ada cara khusus, admin sudah instal license 10.6 + crack nya seperti biasa saja seperti tutorial versi lain, setelah instal desktop 10.8. Kemungkinan masih ada license terdahulu yang jalan, tidak hanya uninstall tapi pastikan di service tidak ada arcgis licsense dan flex LM yang running, serta jika windows 10 pastikan restart nya menggunakan command prompt bukan restart biasa karena itu hanya hibernate. Tapi bisa juga karena sebab lain. Terima kasih.

  2. Saya sudah hapus 10.6.1 beserta license manager dengan iObit Uninstaller dan juga sudah bersih-bersih di CCleaner.
    Saya juga sudah melakukan dan paham tutorial agan untuk 10.8 beserta License Manager 10.6.
    Jika saya mengikuti tutorial postingan ArcGIS 10.6.1 dijelaskan bahwa untuk menset dari not_set ke localhost pada ArcGIS administrator akan tetapi muncul promt “Incorrect version of License Manager running on “localhost”. Please connect to a License Manager running FlexLM version 11.16″.

    Itu maksudnya apa ya gan? Apakah ada solusi?

    Akan tetapi jika ada tidak men-set apapun tetap pada “not_set” saya masih bisa buka ArcMap lihat ke about dan tertulis ada Advanced user macam gitulah. Jadi gimana tuh gan?

    1. Memang sebetulnya untuk arcgis 10.8 license manager nya berbeda harus diupdate ke yang menggunakan flexlm 11.16 tadi, saat ini belum didapat masternya, mudah2an next postingan. Not_set sebetulnya tidak wajib diganti, yang penting memang LM nya sesuai. Terima kasih.

  3. kalo license manager 10.3 ga diapus bakalan ngaruh ga ya? ini saya cuma hapus arcmap versi 10.3 terus instal 10.8, yang lain lainnya ngga. thanks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *