Tested and Worked !! Instal ArcGIS 10.6.1, Silahkan Unduh (Termasuk ArcGIS 10.6)

Lagi-lagi tentang ArcGIS. Ya, pengguna SIG pastinya sudah sangat mengenal software yang satu ini. Bagaimana tidak karena ArcGIS saat ini merupakan salah satu leader di bidang software SIG di dunia, selain karena kemampuan analisis data spasialnya yang unggul dibanding software SIG lainnya, keunggulan lainnya adalah banyaknya pilihan aplikasi ArcGIS yang dibuat oleh ESRI di berbagai platform seperti untuk webgis, mobile, dll.

Tak henti-hentinya ESRI selaku produsen ArcGIS melakukan perbaruan pada ArcGIS, seiring dengan berkembangnya kebutuhan pengolahan data spasial dan juga kemajuan teknologi digital. Bisa dikatakan hampir setiap tahun selalu keluar versi terbaru ArcGIS, tercatat sampai pertengahan tahun 2018 ini saja sudah keluar dua versi ArcGIS dalam hal ini versi desktop, yaitu ArcGIS 10.6 dan 10.6.1.

Pada bulan Januari 2018 ESRI telah meluncurkan versi terbaru dari ArcGIS yaitu ArcGIS Desktop 10.6 atau lebih dikenal dengan ArcGIS 10.6. Sudah barang tentu selalu ada beberapa hal baru dalam versi tersebut. Menurut info yang dirilis esri.com, update tersebut antara lain;

  • Tools baru pada 3D Analyst untuk bekerja dengan dataset LAS.
  • Tools baru pada Network Analyst untuk membuat lapisan (layer) dataset jaringan dari lapisan dan templat lainnya.
  • Mendukung data format PostGIS untuk menyimpan data spasial dalam database PostgreSQL dan geodatabases.

Lalu pada bulan Juli tahun 2018, ESRI kembali merilis update atau perbaruan dari ArcGIS yaitu dengan meluncurkan ArcGIS 10.6.1. Lintas Bumi telah coba menginstall dan dari pengamatan sekilas tidak ada perbedaan signifikan antara ArcGIS versi 10.6 dan 10.6.1, bahkan secara umum sama saja dengan versi 10.x lainnya.

Beberapa perbaruan dilakukan salah satunya untuk toolbox Spatial Analyst seperti untuk Distance, Extraction, Hydrology, Surace (perintah Contour/Kontur), dan lain-lain. Namun yang jelas adalah toolbar Go To XY kembali normal, di mana pada versi 10.4 dan 10.5 hal itu tidak bekerja. Walaupun banyak pembaruan di dalamnya, bagi pengguna SIG kebanyakan hal itu tidaklah terlalu berpengaruh, mengingat hal yang diperbarui itu memang jarang digunakan. Untuk info lebih lengkap apa yang baru di ArcGIS 10.6.1 ini silahkan kunjungi ESRI.

Toolbar Go To XY pada ArcGIS 10.6

Menurut Lintas Bumi, harusnya ESRI mulai memikirkan untuk membuat ArcGIS Desktop untuk OS 64 Bit agar bisa berjalan lebih cepat dan efisien. Karena walaupun saat ini memang bisa diinstal di OS (Windows) 64 bit, namun sebetulnya masih berjalan sebagai software 32 Bit alias terinstall di Program Files (X86). Mudah-mudahan di update selanjutnya hal tersebut bisa terwujud.

Penasaran? Silahkan klik link di bagian paling bawah untuk mengunduh master ArcGIS 10.6 (versi lama) ataupun 10.6.1. (versi terbarunya) dalam format file .rar (hanya untuk OS Windows (7, 8, 10) 32 & 64 bit.

Berikut ini adalah cara untuk menginstal ArcGIS 10.6/10.6.1;

  • Terlebih dulu install desktop, skip/cancel jendela pengaturan administrator.
  • Copy kan patch desktop (afcore.dll) desktop di folder C:\Program Files (x86)\ArcGIS\Desktop10.6\bin (tergantung versi), replace file sebelumnya.
  • Ketiga install license manager, pada akhir install akan muncul jendela license manager, klik tab start/stop dan klik stop di sebelah kanan, minimize jendela.
  • Copy kan patch license (ArcGIS.exe dan Service.txt) di folder C:\Program Files (x86)\ArcGIS\License10.6\bin (tergantung versi), replace file sebelumnya.
  • Munculkan lagi jendela license manager, pada tab start/stop klik kembali start, setelah itu close.
  • Lalu buka ArcGIS Administrator, tulisan not_set di bawah diganti dengan localhost dan klik change, terakhir klik close.
  • Jalankan ArcMap.
  • Selesai.

  • ArcGIS 10.6.1

Master Install ArcGIS 10.6.1     Unduh

Patch ArcGIS 10.6.1     Unduh

  • ArcGIS 10.6

Master Install ArcGIS 10.6 (+ License Manager & Patch)     Unduh

Hanya Patch (ArcGIS 10.6)     Unduh

  • License Manager 10.6 / 10.6.1

License Manager (ArcGIS 10.6 / 10.6.1)     Unduh

Patch License Manager (ArcGIS 10.6 / 10.6.1)     Unduh

 

Perhatian !!! Saat ini telah dirilis ArcGIS 10.7 Pre Release, info lengkap dan unduhan silahkan klik di sini.

Bagikan ini:

40 komentar tentang “Tested and Worked !! Instal ArcGIS 10.6.1, Silahkan Unduh (Termasuk ArcGIS 10.6)”

  1. ArcGIS 10.6.1 nya kenapa 2 part ya?
    saya donlod 22nya tapi filenya sama dan apakah ketika instal cuma perlu 1 part saja?
    kenapa di 1 page ini ada ArcGIS 10.6.1 dan ArcGIS 10.6 ? saya jadi bingung ingin mendownload yang mana
    Tolong diberi kejelasanan dan diupdate lagi apa yang harus didownload
    Mohon maaf jika saya salah kata

    1. Link unduh untuk versi 10.6.1 nya sudah betul ada 2, part1 dan part2 file nya berbeda, mohon dicek lagi.
      Versi 10.6 bagi yang membutuhkan versi lama saja. Terima kasih.

  2. Haii gan, aku udah nyoba nih install. Udah ngikutin step by step juga. Tp pas mau make arcmap, tulisannya unable to open (0x000007b)

    Mohon bantuannya gan, buat skripsi huhuhu

  3. Min mau tanya dong, kalo install 10.6.1 itu part 1 dan 2 nya harus diinstall atau bagaimana? karena saya baru install part 1 dan licensenya tapi arcgis sudah bisa dijalankan. ketika extract part 2 yang di download, filenya corrupt. apa cukup dengan part 1 saja?
    tolong arahannya ya.

  4. maaf mau tanya, apa install arc gis 10.6.1 nya harus dua duanya atau cukup part 1 atau cukup part 2 saja? karena saya baru install part 1 dan lisensinya saja, arc gisnya sudah bisa dijalankan. apa part 2 jg harus diinstall? selain itu, ketika sudah di extract, file part 2 nya ada yang corrupt.
    tolong arahannya.

  5. hai gan, tolong bantuannya ya.
    saya mau tanya, apakah install arc gis 10.6.1 harus install semua part (part 1 dan part 2)? karena saya baru install part 1 saja dan lisensinya tapi arcgisnya sudah bisa dijalankan, namun sering terjadi error “dont sent” gitu yang membuat arc gisnya secara otomatis close jendela sendiri. selain itu, saya juga tidak bsa install part 2 nya karena filenya corrupt sewaktu di extract, tolong sarannya ya, terima kasih

  6. Min ini tu licensenya belum support untuk archydro yaa? soalnya saya selalu “image server is not supporter with the current license” mohon bantuannya kalau ada cara ngatasinnya hehe

  7. gan, saya sudah mengikuti step by step cara penginstalan tp kok tetep gak bisa ya ?
    sampe sy uninstall dan install lagi tetep gak bisa gan

  8. gan, sy udah install sesuai langkah2 yg diberikan tp kok tetep gak bisa dibuka ya arcmap nya ?
    sampe sy uninstall dan install lagi tetep gakbisa 🙁

    1. Arcmap tidak jalan bisa berbagai kemungkinan, salah satu yang yang umum adalah license manager nya tidak running yang bisa disebabkan antivirus membloknya. Kemungkinan kedua net framework windows nya harus diupdate dulu ke versi 3.5 atau lebih. Kemungkinan ketiga konflik dengan licence manager arcgis versi sebelumnya (jika pernah install versi sebelumnya), dll.

  9. assalamulaikum . mohon maav admin saya ingin bertanya .
    saya sudah mencoba mengklik dan ingin mendownload nya , tetapi next bar nya muncul , this account site has been suspended ,,
    mohon di perbaiki link nya ,
    trimakasi admin , saya seorang mahasiswa fakultas perikanan , dan sementara mendapati mata kuliah GIS , karena aplikasi yang dosen saya berikan tdk kompetibel dgn leptop saya , maka sy di suruh mencari aplikasi ARCGIS yang bisa di instal . untuk pembelajaran dan proses perkuliahan semata , wassalamulaikum wr,wb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *