Penelusuran Beberapa Definisi Sistem Informasi Geografis atau SIG

SIG atau pengelolaan data spasial secara digital saat ini sudah menjadi kegiatan umum, namun sayangnya belum ada definisi bakunya di dalam peraturan pemerintah entah itu di undang-undang, peraturan pemerintah, dan lainnya. Hal ini berbeda dengan definisi penginderaan jauh yang ada di Peraturan Pemerintah No. 11 tahun 2018.

Dunia maya harus diakui banyak membantu kita memperoleh data dan informasi, entah itu dari aspek akademis/ilmiah ataupun bersumber dari opini dan lainnya. Termasuk dalam mencari definisi atau pengertian dari suatu istilah, katakanlah dalam konteks ini adalah SIG atau Sistem Informasi Geografis. Di internet definisi SIG banyak sekali utamanya dari sumber asing, baik berupa postingan atau publikasi ilmiah, ratusan bahkan mungkin ribuan jumlahnya. Lintasbumi baru menemukan satu definisi SIG di postingan online yang asli Indonesia, yaitu dari bukunya Pak Baba Barus (dosen S2 saya ) dan Pak Uup Sjafei Wiradisastra, keduanya dari IPB.

Sayangnya dalam konteks definisi SIG yang telah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, hasil tracing secara online mendapati masih adanya definisi SIG yang sumber aslinya ternyata tidak jelas, hal itu antara lain karena hanya mensitasi dari sitasi juga. Sehingga sulit untuk disitasi di publikasi ilmiah. Karena penasaran Lintasbumi mencoba mentrace beberapa definisi SIG dalam bahasa Indonesia yang biasa muncul di hasil pencarian Google. Hasilnya beberapa sumber asli definisi SIG tersebut belum jelas, ya karena itu tadi kebanyakan sitasi dalam sitasi atau bahkan copy paste.

Beberapa di antara definisi SIG yang disajikan berikut adalah hasil terjemahan bebas ‘karya’ Lintasbumi. Bagi teman-teman pembaca yang ingin melengkapi, memperbaiki, atau menambahkan definisi-definisi SIG berikut beserta rujukannya, silahkan bisa menuliskannya di dalam komentar. Semata-mata ini agar berguna bagi teman-teman lainnya yang sedang memerlukan rujukan ilmiah terkait definisi SIG.



Definisi SIG Versi Ilmuwan / Peneliti

“Sistem penanganan data keruangan.” (Marble dan Peuquet, 1983).

“Sistem informasi yang menangani data bereferensi geografis atau spasial.” (Cowen, 1986 dalam Parker, 1988)

“Seperangkat alat yang ampuh untuk mengumpulkan, menyimpan, mengambil sesuka hati, mengubah, dan menampilkan data spasial dari dunia nyata.” (Burrough, 1986).

“Sistem informasi spasial yang telah bereferensi internal dan diotomatisasi.” (Berry, 1986)

“Sebuah teknologi informasi yang menyimpan, menganalisis, dan menampilkan baik data spasial maupun non-spasial. (Parker, 1988)

“Suatu sistem berbasis komputer yang memiliki kemampuan dalam menangani data bereferensi geografi yaitu pemasukan data, manajemen data (penyimpanan dan pemanggilan kembali), manipulasi dan analisis data, serta keluaran sebagai hasil akhir (output). Hasil akhir (output) dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan pada masalah yang berhubungan dengan geografi.” (Aronoff, 1989).

“Sistem yang dapat mendukung pengambilan keputusan spasial dan mampu mengintegrasikan deskripsi – deskripsi lokasi dengan karakteristik – karakteristik fenomena yang ditemukan di lokasi tersebut. SIG yang lengkap mencangkup metodologi dan teknologi yang diperlukan yaitu data spasial, perangkat keras, perangkat lunak dan struktur organisasi.” (Gistut, 1994).

“Sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data, manusia (brainware), organisasi dan lembaga yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi – informasi mengenai daerah – daerah di permukaan bumi.” (Chrisman, 1987).

“Sistem komputer yang digunakan untuk mengumpulkan, memeriksa, mengintegrasikan, dan menganalisis informasi-informasi yang berhubungan dengan permukaan bumi.” (Demers, 1997)

“Sistem basis data yang memiliki kemampuan khusus untuk menangani data yang bereferensi keruangan (spasial) bersamaan dengan seperangkat operasi kerja.” (Barus dan Wiradisastra, 2000).

“Aplikasi komputer yang dirancang untuk melakukan berbagai operasi pada informasi geografis. Informasi geografis didefinisikan sebagai informasi tentang lokasi di atau dekat permukaan bumi, dan dapat diatur dalam berbagai cara. Jadi SIG mencakup fungsi untuk memasukkan, menyimpan, memvisualisasikan, mengekspor, dan menganalisis informasi tersebut.” (Goodchild, 2009 )



Definisi SIG Versi Institusi

Sistem yang membuat, mengelola, menganalisis, dan memetakan semua jenis data.” (ESRI)

“Sistem komputer untuk menangkap, menyimpan, memeriksa, dan menampilkan data yang terkait dengan posisi di permukaan bumi.” (NG)

Sistem komputer yang menganalisis dan menampilkan informasi yang bereferensi geografis. Ini menggunakan data yang dilampirkan ke lokasi unik.” (USGS)

“Sistem komputer yang menangkap, menyimpan, memeriksa, dan menampilkan informasi terkait posisi di permukaan bumi.” (NOS)

“Alat berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, memvisualisasikan, menganalisis, dan menafsirkan data geografis. Data geografis (juga disebut data spasial, atau geospasial) mengidentifikasi lokasi fitur geografis.” (CDC)

“Kumpulan alat berbasis komputer untuk mengatur informasi dari berbagai sumber data untuk memetakan dan memeriksa perubahan di Bumi. Ini dirancang untuk menangkap, menyimpan, mengelola, menganalisis, dan memvisualisasikan semua jenis data geografis. SIG memungkinkan integrasi dan analisis kolektif data geospasial dari berbagai sumber, termasuk citra satelit, rekaman GPS, dan atribut tekstual yang terkait dengan ruang tertentu.” (NASA)



Status : belum jelas sumber aslinya

“Teknologi informasi yang dapat menganalisis, menhimpan, dan menampilkan baik data spasial maupun non spasial.” (Guo Bo, 2000 ?)

“Teknologi informasi yang dapat menganalisa, menyimpan, dan menampilkan, baik data spasial maupun data Non Spasial. Sistem
Informasi Geografis mengkombinasikan kekuatan perangkat lunak basis data relasional dan paket perangkat lunak.” (Guo Bo, 2000 ?)

“Kumpulan yang terorganisir dari perangkat keras komputer, perangkat lunak, data geografi, dan personal yang didesain untuk memperoleh, menyimpan, memperbaiki, memanipulasi, menganalisis, dan menampilkan semua bentuk informasi yang bereferensi geografi.” (Bakosurtanal, … ?)



Rujukan Lain

Kumpulan Definisi SIG di Science Direct (Bahasa Inggris), Link

 

Referensi Yang Ditelusuri

Aronoff. 1989. Geographic Information Sistem : A Management Perpective. Penerbit : WDL Publication. Ottawa, Canada.

Barus, B., Wiradisastra, U. S. 2000. Sistem Informasi Geografi Sarana Manajemen Sumberdaya. Penerbit : Laboratorium Penginderaan Jauh dan Kartografi, Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian IPB, Bogor. Link.

Berry, J. K., 1986. Learning computer-assisted map analysis. Journal of Forestry. Oct:39-43.

Burrough, P. A. 1986. Principles of Geographical Information Systems for Land Resources Assessment. Penerbit : Oxford University Press, N.Y. 193 p.

[CDC] Centers for Disease Control and Prevention. What is GIS? Link : https://www.cdc.gov/gis/what-is-gis.htm

Chrisman, N. 1997. Exploring Geographic Information System. Penerbit : John Wiley & Sons Inc, New York.

Demers, M. N. 1997. Fundamental of Geographic Information Systems. Penerbit : John Wileys & Sons, Inc., New York.

[ESRI] Environmental System Research Institute. What is GIS. Link : https://www.esri.com/en-us/what-is-gis/overview.

Gistut. 1994. Sistem Informasi Geografis. Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Goodchild, M. F. 2009. Geographic Information System. In: LIU L., ÖZSU M.T. (eds) Encyclopedia of Database Systems. Penerbit Springer, Boston, MA. Link : https://doi.org/10.1007/978-0-387-39940-9_178

Marble, D. F., Peuquet, D. J. 1983. Geographic information systems and remote sensing. Manual of Remote Sensing. 2nd ed. Penerbit : American Society for Photogrammetry and Remote Sensing, Falls Church, Virginia.

[NASA] The National Aeronautics and Space Administration. Geographic Information Systems (GIS). Link : https://earthdata.nasa.gov/learn/gis

[NG] National Geographic. GIS (Geographic Information System). Link : https://www.nationalgeographic.org/encyclopedia/geographic-information-system-gis/

[NOS] National Ocean Service. What is a geographic information system? Link : https://oceanservice.noaa.gov/facts/gis.html

Parker, H. D. 1988.  The Unique Qualities of a Geographic Information System: A Commentary. Photogrammetric Engineering And Remote Sensing, Vol. 54, No. 11, November 1988, pp. 1547-1549. Link.

[USGS] United States Geological Survey. What is a geographic information system (GIS)? Link : https://www.usgs.gov/faqs/what-a-geographic-information-system-gis?qt-news_science_products=0#qt-news_science_products



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *