Cara Unduh Data Citra Di Situs USGS Earth Explorer (Part 2)

Cara Unduh Data Citra Di Situs USGS Earth Explorer (Part 2)

Pada bagian 1 (Cara Unduh Data Citra Di Situs USGS Earth Explorer) telah dibahas bagaimana langkah demi langkah untuk mendownload data citra dari situs Earth Explorer dari mulai tahap Login, Menentukan Area, dan Menentukan Tanggal Liputan Data dan Tutupan Awan. Nah pada bagian ini kita lanjutkan sampai ke tahap akhirnya, silahkan disimak.

Daftar isi :

Menentukan Jenis Data

Setelah tuntas menentukan kriteria pencarian, di bawahnya klik Data Sets (di bagian atas halaman juga ada). Halaman ini merupakan inti dari pencarian data di Earth Explorer. Jenis data yang bisa diunduh banyak sekali dan semuanya berbentuk raster. Jika anda bingun dengan jenis data yang ada, ada penjelasan untuk masing-masing jenis data namun tentunya dalam bahasa Inggris, yaitu tinggal klik icon i. Dalam contoh ini adalah mencari Landsat 8 Collection 2 Level 2 (Below of Atmospheric) yang sudah bernilai Reflectance. Tandai data yang diinginkan dengan mengklik kotak kecil (tanda centang biru), kita bisa memilih lebih dari 1 jenis data.




Setelah itu klik Additional Criteria atau kriteria pencarian tambahan jika memang diperlukan, lagi-lagi klik icon i di masing-masing kriteria untuk mengetahui maksud dari masing-masing kriteria tersebut. Tampilan Additional Criteria akan berbeda-beda bergantung jenis data yang kita pilih. Jika tidak ada tambahan kriteria pencarian lagi maka langsung saja klik Result.

 

Hasil Pencarian dan Unduh

Setelah itu munculah hasil pencarian. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap notifikasi yang muncul di setiap jendela pencarian / hasil. Pada setiap hasil pencarian di bawahnya selalu ada icon berikut;

1. Show Footprint : menunjukan cakupan area data
2. Browse Overlay : preview data pada lokasi yang sesuai
3. Compare Browse : membandingan Browse Overlay lebih dari 1 jenis data (lihat video berikut)
4. Show Metadata and Browse : menampilkan informasi dari properties data dimaksud pada jendela terpisah
Contoh tampilan metadata citra

5. Download Options : Mengunduh data dalam format yang sebenarnya (sesuai pilihan yang muncul).

6. Add To Bulk Download : mengunduh namun diakumulasikan, semacam dipilih dulu nanti diunduh sekaligus (disatukan). Biasanya untuk beberapa data namun resikonya data yang diunduh akan berukuran besar.
7. Exclude Scene From Results : menghapus data dari hasil pencarian



Pilih data citra yang secara visual paling sesuai kebutuhan, untuk memperjelas bisa preview (Show Browse Overlay) di data tersebut. Untuk mengunduhnya maka klik Download Options dan pilih yang sesuai kebutuhan. Jika Landsat maka format data yang bisa diunduh biasanya Geotiff (.tif), jika unduh full maka dikompress dalam .rar (semua data tif ada di dalamnya). Untuk citra Sentinel-2 biasanya dalam format jpg. Prosedur unduh untuk jenis data lainnya secara umum sama saja.

Kecepatan unduh akan bergantung pada kondisi server di USGS nya dan kualitas koneksi internet yang anda gunakan. Dari pengalaman Lintasbumi kecepatan unduh fluktuatif, dan jika terputus biasanya tidak bisa diresume alias harus diulang dari awal lagi. Makanya pastikan semua koneksi internet optimal, jika koneksi terbatas / bermasalah pilihannya bisa mengunduh per saluran / band.

Karena biasanya ukuran citra per salurannya tersebut besar-besar salah, satu konsekuensi dari penyimpanan data citra adalah membutuhkan kapasitas hardisk yang harus besar. Lintasbumi menyarankan anda untuk menyiapkan juga hardisk anda yang masih ‘lowong’ atau hardisk eksternal agar tidak mengganggu kinerja komputer anda.

Hasil unduhan landsat 8 dibuka pada winrar

Sampai sini proses mengunduh data citra sudah selesai, namun anda juga bisa mengulangi tahapan ini untuk mengunduh jenis citra lainnya. Barulah setelah selesai dengan pengunduhan data-data citra di Earth Explore yang anda maksud, maka segeralah keluar dari akun anda (Logout). Kini data citra yang telah diunduh siap untuk dianalisis dan diolah lebih lanjut. Mudah bukan?! selamat mencoba.



About Lintas Bumi 113 Articles
Lintas Bumi adalah blog berbagi info, trik, dan data seputar dunia informasi geospasial baik nasional ataupun global.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*