Sering Putus Ketika Download Citra Sentinel atau Landsat?? Coba Alternatif Ini !

Data citra resolusi menengah seperti Landsat atau Sentinel saat ini sangat mudah diakses secara online dan bisa didapat secara gratis. Tapi pernahkah ketika mendownloadnya terputus di tengah jalan atau lambat banget? Kejadian seperti itu tentu saja ‘nyebelin’ terutama ketika lagi butuh-butuhnya data citra tersebut, koneksi internet kita lola atau server citranya malah lemot. Sebetulnya salah satu alternatifnya adalah melalui Google Earth Engine lalu dikonversi ke komputer kita, namun tentu saja itu mudah bagi yang sudah terbiasa dengan script-script pemrograman, namun bagi yang tidak terbiasa repot jadinya.

Daftar isi :

Lintasbumi sering mengalami putus koneksi atau server lemot ketika ingin mendownload citra terutama Sentinel, ketika unduhan berprogress sebanyak 50% misalnya eh malah interrupted alias putus. Itu masih mending soalnya pernah suatu ketika download Sentinel-2 dengan koneksi lambat tapi tetep dijabanin di mana sudah progress 90% an lebih alias udah mau selesai eh malah putus koneksi, gak bisa diresume dan gagal lah mendapatkan citra Sentinel impian, gondok yang ada. Padahal semua alternatif situs download Sentinel sudah dicoba seperti disarankan oleh situs sentinelnya, seperti Sentinel Open Access Hub, Creodias, Mundi, Onda, dan Sobloo, namun kualitas koneksi downloadnya sama saja, kalau enggak lambat ya sering putus ditengah, padahal koneksi internet bagus (Lintasbumi menggunakan In****me 10 mbps, bahkan pernah di kampus yang bisa 20/30 mbps lebih).

Akhirnya Lintasbumi mencari beberapa alternatif lain untuk bisa mendownload citra Sentinel dengan mudah gak pake ribet, tanpa terputus, dan kalau bisa cepat. Salah satu yang berhasil dicoba yaitu caranya lewat software QGIS, bukan di menu bawaannya sih tapi menggunakan Plugin. Banyak plugin QGIS yang punya fasilitas download Sentinel (dan citra lainnya juga seperti Landsat), namun dari sekian yang pernah dicoba Lintasbumi menyarankan ini : Semi-Automatic Classification.



 

Semi-Automatic Classification QGIS Plugin

Plugin ini sebetulnya bukan khusus untuk download citra, tapi berisi tools untuk memproses citra pada umumnya seperti membuat komposit band, klasifikasi, reproject, analisis PCA, dan lainnya. Nah salah satu tool di dalamnya ada yang namanya Download Product, dan itulah yang akan dibahas pada postingan kali ini. Untuk tools lainnya silahkan saja dipelajari sendiri karena sudah standar. Untuk mengunduh dan menampilkannya tinggal buka QGIS, klik Plugin – Manage and Install Plugins, lalu search saja nama plugin tersebut dan install, done! Lintasbumi mencobanya di QGIS 3.20.1-Odense.

 

Citra Sentinel-2

Mimin yakin bahwa para pengunjung setia Lintasbumi sudah faham bahkan expert tentang apa itu citra Sentinel-2, tidak perlu dijelaskan lagi. Bagi yang masih awam, Sentinel adalah citra satelit beresolusi spasial menengah – tinggi, telah ada 5 versi (misi) yaitu Sentinel-1, Sentinel-2, Sentinel-3, Sentinel-4, dan Sentinel-5. Silahkan kunjungi situsnya langsung (https://sentinels.copernicus.eu/web/sentinel/home) untuk mengetahui lebih spesifik.



Yang umum digunakan para ‘penggemar’ inderaja adalah Sentinel-2, dengan resolusi spasial 10, 20, dan 60 meter karena merupakan citra Multispektral alias mempunyai banyak band atau kanal. Sebuah citra multispektral adalah perekaman permukaan bumi yang ditangkap data citra pada frekuensi tertentu di seluruh spektrum elektromagnetik. Sentinel-2 mempunyai 13 kanal (band) yaitu 4 pada resolusi 10 m, 6 pada resolusi 20 m, dan 3 pada resolusi 60 m. Sentinel-2 telah banyak digunakan untuk pemetaan penutupan lahan (vegetasi).

Daftar kanal Sentinel-2 (Sumber : Rosyidy dkk., 2011)1

Citra Sentinel-2 sendiri mempunyai 2 tipe lagi yang umum digunakan (public), yaitu L1C (Level 1C) dan L2A (Level 2A). L1C adalah citra terkoreksi geometris dan radiometris tapi belum terkoreksi atmosferik (Top of Atmospheric), sedangkan L2A adalah yang sudah terkoresi atmosferik (Bottom of Atmospheric), citranya biasa nampak lebih clear. Jika merujuk situsnya, level lengkap dari Sentinel-2 ini adalah L0, L1A, L1B, L1C, dan L2A. L0 adalah raw data, L1A masih berupa nilai Digital Number (DN), L1B sudah bernilai radiance, L1C dan L2A sudah bernilai reflectance. Dalam pengolahan inderaja, citra yang sudah bernilai reflectance lah yang digunakan. Produk L0, L1A, L1B tidak bisa diakses publik.

Komposit Natural Color (432) Sentinel-2 L2A, Waduk Darma dan sekitarnya di Kabupaten Kuningan, Juli 2021

 

Cara Download Sentinel-2

1. Buka QGIS (blank) dan juga tentunya Plugin Semi-Automatic Classification, lalu klik icon pada menu QGIS. Pada jendela yang muncul pilih Download Products, terlebih dulu tampilkan peta OSM sebagai basemap, klik icon OSM (lihat gambar di bawah). Perbesar dan arahkan (zoom) ke area yang akan diunduh citranya.

2. Untuk bisa mendownload, anda tetap harus mempunyai akun di situs sentinel ataupun USGS (misalnya earthexplorer.usgs.cov), jika belum punya silahkan silahkan kunjungi situsnya. Khusus akun citra sentinel anda harus membuatnya di sini. Jika sudah punya masukan nama user dan password anda di tab Login data dan form citra/situs yang sesuai, pada kasus ini Sentinels. Jangan lupa hilangkan tanda centang pada Preprocess images di bawahnya.

3. Setelah itu klik tab Search. Tentukan area yang akan didownload citranya (Sentinel-2 atau 3, atau Landsat 8) — pada contoh kasus ini adalah Kota Bogor dan sekitarnya. Klik tanda + di kanan atas (sebelah kanan Show), kemudian di layar klik kanan 1x di area terbawah (kanan bawah/LR) lalu klik kiri 1x lagi membentuk kotak di kiri atas/UL, sampai muncul area merah dan semua koordinat (UL dan LR) terisi. Tentukan Products = Sentinel-2, Date (tanggal perekaman citra), serta Max cloud cover (% tutupan awan maksimum), pada Result bisa diganti angkanya atau biarkan 20, langsung saja setelah itu klik Find (icon Pembesar).

Tunggu beberapa saat, progress pencarian biasanya muncul di atas dan akan tampak seperti berikut;

4. Setelah itu hasil pencarian akan muncul, anda bisa mengklik salah satu hasil pencarian dan di preview sebelah kanannya akan muncul quicklook citra natural color nya. Klik display preview sebelah kanan preview dan akan muncul di kanvas QGIS quicklook tersebut. Apa yang diklik/dipilih adalah apa yang akan didownload. Anda juga bisa memfilter hasil pencarian, misal pada kasus ini Lintasbumi menseleksi hanya yang Level 2A saja.

5. Setelah dipilih citra yang akan didownload, klik tab Download Options. Di situ anda bisa menentukan apakah akan mendownload semua band/kanal ataukah band/kanal tertentu saja (tentukan tanda centang). Lintasbumi hanya memilih band 2,3,4, dan 8. Untuk mendownload anda mempunyai 2 pilihan, mengkeskpor terlebih dulu alamat unduh masing-masing band terpilih (menjadi file .txt atau langsung klik Run, pada kasus ini Lintasbumi memilih Run.

6. Jika klik Run, terlebuh dulu akan diminta untuk menentukan folder penyimpanan, lalu klik Select Folder, contohnya pada gambar berikut;

Progress download akan muncul di atas, saluran yang sudah terunduh akan muncul setelah selesai download di daftar layer sebelah kiri (di atas OpenStreetMap). Jika selesai download maka akan ada bunyi beep.

7. Jika selesai Close jendela plugin. Semua band terpilih kini sudah terdownload, dan tentunya untuk proses selanjutnya diserahkan kepada anda. Untuk mendownload citra lainnya caranya sama saja, hanya pilihan citra (Products) di poin 3 saja yang tentunya harus disesuaikan. Pilihan citra yang bisa diunduh antara lain Landsat (4,5,7,8), Sentinel (1,2,3), MODIS, Aster. Selamat mencoba.

 

Referensi

1 Rosyidy, MK., Ashilah, QP., Siddiq, IPA. 2019. Pemanfaatan Citra Sentinel-2 Untuk Monitoring Sebaran dan Luasan Eceng Gondok Secara Spasio-Temporal Sebagai Upaya Menjaga Kondisi Air dan Sanitasi di Inlet Waduk Saguling, Jawa Barat. Seminar Nasional Penginderaan Jauh ke-6 Tahun 2019.

https://sentinels.copernicus.eu/web/sentinel/home



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *