Maksud Hati Mendownload Shp Desa Indonesia Gratisan, Yang Terjadi Justru…..

Maksud Hati Mendownload Shp Desa Indonesia Gratisan, Yang Terjadi Justru…..

Senin pagi 29 Oktober 2018 itu tumben-tumbenan Lintasbumi malas bangun pagi, padahal jam 06.30 Lintasbumi seperti biasa harus mengantar anak Lintasbumi yang kecil ke sekolahnya, karena hari senin pagi biasanya harus ikut upacara dulu jadi harus sampai sekolahnya lebih awal. Sehabis sholat shubuh jam 04.45 yang kurang khusyu karena masih tergoda kasur yang empuk, akhirnya Lintasbumi putuskan untuk rebahan lagi melanjutkan tidur yang terputus, paling tidak sampai jam 6 an lah fikir Lintasbumi, sebelum akhirnya harus bangun karena nganter si kecil ke sekolahnya. Pagi itu langit Bogor sedikit mendung, maklum memang sudah memasuki musim hujan. Singkat cerita terjadilah skenario tadi, Lintasbumi pun pulang kembali ke rumah jam 7 an lebih setelah diselingi sarapan soto ayam di jalan menuju rumah.

Sampai rumah tumben-tumbenan di pintu depan istri tercinta sudah menunggu, namun ternyata dia ingin memberi kabar ke Lintasbumi bahwa di berita televisi ada breaking news saat itu yang memberitakan jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 sekitar jam setengah 7 di perairan Tanjung Pakis Karawang. “Kecelakaan Lion Air lagi…!?” tanya Lintasbumi penuh kekagetan. Istri Lintasbumi khawatir karena Lintasbumi minggu depannya ditugaskan untuk terbang ke Pulau Buru atau tepatnya ke Namlea ibukota Kabupaten Buru untuk melakukan survey, dia berharap Lintasbumi tidak ikut saja dan jangan naik pesawat dulu untuk beberapa waktu. Namun percakapan tadi justru mengingatkan Lintasbumi juga bahwa Lintasbumi sampai detik itu belum punya data batas desa Kabupaten Buru, padahal Lintasbumi harus survey sampai ke desa pedalamannya. Memang sih sudah dapat dari situs kabupatennya namun hanya ada peta batas kecamatan itupun format jpg yang kurang jelas.

Baca Juga : Download Shp Batas Desa BIG Terbaru 2021

Masuk rumah nonton televisi mengikuti perkembangan Lion Air JT-610 tak lupa sambil kerja depan laptop dan berinternet, hunting data shp desa Indonesia ‘gratisan’ di dunia maya lewat bantuan mbah Google, karena setelah dikonfirmasi di dunia offline teman-teman Lintasbumi pun tidak mendapatkannya. Padahal dalam minggu itu Lintasbumi harus bisa membuat peta-peta kerja sebagai dukungan ke tim survey di Kabupaten Buru nanti dan lokasi atau batas desa itu yang diutamakan. Setelah Lintasbumi memberondong Mbah Google dengan berbagai kata kunci yang intinya “shp peta desa Indonesia” keluarlah situs-situs yang membagikan informasi download shp peta batas desa Indonesia.



Lintasbumi akan mengulas hasil pencarian shp desa Indonesia waktu itu, namun tidak semua situs yang Lintasbumi akses waktu ini Lintasbumi ulas, Lintasbumi hanya mengulas 5 situs dari hasil pencarian 30 besar atau 3 halaman pertama Mbah Google saja. Kalaupun ada kriteria yang lain adalah aman koneksinya, serta yang pasti hanya situs yang betul-betul berbagi peta desa se-Indonesia saja yang dibahas.

Sekilas mengenai Kabupaten Buru yang waktu itu akan Lintasbumi survey, wilayahnya mempunyai 10 kecamatan dengan Kecamatan Namlea sebagai ibukota kabupatennya, di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Buru Selatan. Kabupaten ini terkenal karena Novel Pramoedya Ananta Toer dan merupakan lokasi pembuangan tahan politik terkait PKI sewaktu zaman orde baru. Sekarang daerah ini sudah maju dan menjadi lumbung padi Indonesia timur, serta terkenal sebagai sentra kayu putih terbesar di Indonesia. Sebagai catatan tambahan, Kabupaten Buru dimekarkan tahun 2012 menjadi 10 Kecamatan, ini berarti peta desa yang Lintasbumi perlukan harus tahun 2012 – 2013 atau setelahnya. Berikut ini Lintasbumi sajikan dan sedikit diulas peta-peta desa Indonesia format shp yang pernah Lintasbumi dapatkan waktu itu.



About Lintas Bumi 124 Articles
Lintas Bumi adalah blog berbagi info, trik, dan data seputar dunia informasi geospasial baik nasional ataupun global.

11 Komentar

  1. Masih nyari untuk kabupaten lima puluh kota (sumbar), Kampar (Riau), dan Sangihe dan Minahasa Utara (Sulawesi Utara). Untuk data masih PODES 2014, punya linknya kah untuk yang seri PODES 2016 atau 2018 bang?

  2. Maaf mas, kalau link untuk beli SHP podes terbaru ada ga mas?…btw, saya juga di bogor mas, sapa tahu ada koneksi untuk shp file saya bisa dikontak mas, makasih sebelumnya

  3. hai kak, salam kenal ini dengan saya zaky mahasiswa di universitas pattimura. kak aku mau nanya. kak dimana ya kita bisa dpt shp untuk pulau ambon yang garis pantainya sesuai dengan reklamasi yang sekarang, ada websitenya atau ada di instansi mana gitu? soalnya saya sedang nyusun skripsi dan sedang memerlukan data tersebut kak. oh iya kak boleh minta emailnya?

    makasih sebelumnya kak

    • Kalau yang terbaru sekali biasanya di pemerintah daerah setempat (Bappeda, PU, dll.) baik di kabupaten/kota atau provinsi, jarang yang dipublish online. Apakah sudah coba di ina geoportal (www.tanahair.indonesia.go.id), cara unduhnya lihat postingan-postingan sebelumnya. Terima kasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*