Kali Ini Lewat ArcGIS! Peta Gratis Dengan Mengunduh Fitur Dari ArcGIS Rest Service (Bagian 3)

ArcGIS seperti yang sudah kita ketahui bersama merupakan software SIG yang banyak digunakan oleh para praktisi SIG di Indonesia, walaupun harganya bisa dibilang tidak murah. Hal ini dikarenakan berbagai menu dan fasilitas di dalam software ini memang sesuai dengan berbagai kebutuhan pemrosesan dan analisis data spasial (peta), walaupun sebetulnya ada juga software SIG lain yang mirip namun demikian masih dirasa belum bisa sepenuhnya menyamai kemampuan ArcGIS. Saat ini software ini pun sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk membaca data spasial secara online baik melalui Rest Service, WMS, WFS, dan lain-lain.

Lintas Bumi telah mencoba salah satu teknik untuk mengoptimalkan fungsi koneksi data online di ArcGIS dan mungkin ini yang ditunggu-tunggu pada pengguna ArcGIS, karena kali ini Lintas Bumi menyajikan trik menggunakan ArcGIS agar anda bisa mengekstrak data spasial dari situs Geoportal berbasis ArcGIS Rest Service. Tepatnya melalui script python yang sudah menjadi Toolbox ArcGIS. Toolbox tersebut dibuat oleh Jake Skinner. Dengan metode ini tentu anda harus menggunakan software ArcGIS (ArcMap, ArcCatalog, dan lain-lain).

 

#Langkah pertama: install ArcToolbox Download Service

Silahkan terlebih dulu anda unduh dulu tools nya di sini atau jika unduh bermasalah klik di alternatif1. Cara menginstallnya, anda ekstrak file hasil unduhan tersebut, lalu anda buka ArcMap. Pada ArcToolbox klik kanan – Add Toolbox, lalu arahkan ke file .tbx yang anda ekstrak tadi, klik Open.

Setelah itu di ArcToolbox akan bertambah 1 tool baru bernama Download Service dan langsung saja anda double klik tool tersebut, dan sekali lagi double klik tool yang sama (Download Service) di bawahnya.

 

#Langkah kedua: cek jumlah fitur

Walaupun tool ini tidak membatasi jumlah fitur yang bisa diunduh, namun tidak ada salahnya terlebih dulu anda lakukan cek jumlah fitur dari layer yang akan diunduh, tahapannya seperti telah dijelaskan pada tulisan bagian 1 atau bagian 2.

 

Langkah ketiga: masukan parameter unduh

Lalu akan muncul jendela tool Download Service, dan anda harus menentukan parameter yang harus dimasukan untuk melakukan unduh. Untuk contoh ini Lintas Bumi mengambil alamat http://gis.pertanian.go.id/PertanianSIG/rest/services/bbsdlp/bogor_50ribu/MapServer/0 milik Departemen Pertanian, dengan maksud ekstrak peta SPT_BOGOR_50K_JOIN (ID: 0).

Pada bagian atas centang ArcGIS Server Service, pada Service URL masukan alamat Layer yang akan diekstrak, alamat ini harus termasuk ID dari layer terebut (lihat gambar di bawah). Pada Where sama seperti Query biasa masukan 1=1 atau pemilihan database/record tertentu, di bagian bawah centang Downloading Faeture Data. Lalu pada bagian Output Feature Class/Table silahkan anda tentukan nama shp atau feature class yang diinginkan.

 

#Langkah keempat: unduh data

Setelah semua parameter di set, klik OK dan proses request serta unduh akan berjalan, lama proses tentu saja bergantung banyaknya data. Proses akan berjalan, pengalaman Lintas Bumi hasil akhir kadang menunjukan pesan error seperti berikut;

Namun jangan dulu pesimis, sebab setelah dicek ternyata file shp nya berhasil di unduh;

Jika sukses 100% maka contoh tampilan jendela hasil seperti berikut;

Salah satu kelebihan Toolbox ini adalah bisa digunakan untuk mengekstrak layer dengan fitur lebih dari 1000 menjadi satu file shp, namun memakan waktu cukup lumayan (tergantung kualitas koneksi internet anda), dan berikut jendela prosesnya;

 

#Langkah kelima: buka file .shp hasil unduhan

Tool ini akan langsung menghasilkan file .shp, jadi silahkan anda tinggal membukanya di software SIG anda.

Selamat mencoba, jika bermasalah dengan link unduh silahkan tanya di komentar.

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *