Cara Mengunduh Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) dari Ina Geoportal

Jika anda sedang membutuhkan peta dasar berformat digital atau shp untuk wilayah anda atau wilayah lain di Indonesia kini anda bisa mendapatkannya dengan mudah secara online dan gratis alias 0 rupiah.

Sejak beberapa tahun terakhir Badan Informasi Geospasial (BIG) telah memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan data peta dasar atau peta topografi berformat digital atau shp (shapefile), yaitu dengan menggratikan seluruh peta digital RBI melalui fasilitas unduh (download) peta shp untuk seluruh wilayah Indonesia di situs Ina Geoportal atau www.tanahair.indonesia.go.id.

Saat ini untuk Pulau Jawa, Madura, Bali, Lombok, Sumbawa, sampai Provinsi NTT peta digital yang tersedia sudah berskala 1 : 25.000, namun untuk di luar pulau-pulau itu skalanya 1 : 50.000. Untuk informasi tahunnya Lintas Bumi belum memperoleh informasi yang jelas, ada rumor untuk saat ini tahun terbaru yaitu 2014.

Adapun untuk data peta yang bisa diunduh adalah semua informasi yang terlihat di peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) versi hardcopy, atau tepatnya layer peta digital yang ada adalah:

– Batas administrasi (50K sampai Kecamatan, 25K sampai Desa)

– Jalan

– Kontur (Hipsografi)

– Sungai (Hidrografi)

– Penutupan lahan

– Toponimi (Nama Geografi)

– Utilitas seperti jaringan listrik, gas, dll. (jika ada)

– Titik penting (kantor pemerintah, rumah ibadah, sekolah, faskes, dll.)

– Dll.

Berikut ini Lintas Bumi sajikan secara singkat cara mengunduh atau download peta shp RBI BIG;

1. Kunjungi situs Ina Geoportal di www.tanahair.indonesia.go.id., lalu cari menu Download – Peta Per Wilayah

2. Setelah itu halaman akan pindah ke halaman Login, untuk bisa mengunduh anda harus sudah terdaftar sebagai pengguna di Ina Geoportal.

Jika belum jangan khawatir karena anda bisa mendaftar dulu dengan mengklik menu Register di bagian bawah form Login, setelah itu ikuti tahapan yang tersaji contohnnya di langkah 3.

3. Menu untuk mendaftar user baru seperti pada gambar di bawah. Anda harus mempersiapkan nama untuk user, password, dan alamat email yang bisa dikonfirmasi. Ikuti dan isi sampai tahap 3, biasanya jika selesai anda akan dikirim email konfirmasi ke alamat email yang anda ketikan. Link konfirmasi bisa anda klik dari email anda, dan setelah nama user anda aktif anda bisa mengulangi tahap 1 dan 2.

4. Jika sudah Login, halaman akan berpindah ke halaman download seperti di bawah ini.

5. Zoom in (perbesar) peta dengan menu yang ada atau scroll mouse anda serta geser (pan) ke wilayah yang anda inginkan, misal dalam contoh ini ke wilayah Kota Cirebon.

Tunggu sekitar 1 menit sampai garis batas administrasi yang hitam tebal seperti gambar di bawah ini muncul.

Setelah itu klik kanan mouse tepat di atas wilayah yang dimaksud untuk diunduh datanya, muncul popup kecil berisi nama Provinsi dan Kabupaten/Kota dimaksud, lalu pilih skala yang ada (dalam contoh 25K atau 1 : 25.000.

6. Akan muncul icon unduh/download di popup bagian bawah seperti gambar di bawah ini.

7. Klik icon tersebut untuk mengunduh, lalu pada jendela save as seperti di bawah ini. Contoh memakai browser Firefox, sebagai catatan jenis file unduhan adalah zip (bisa dibuka/extract menggunakan winrar, 7zip, dll.), ganti nama file ataupun biarkan seperti bawaannya, hanya tentukan saja di mana akan di simpan.

Namun jika setting browser tidak dirubah biasanya setelah klik icon unduh akan langsung mengunduh dan tersimpan secara otomatis file zip nya di folder Download (jika memakai windows).

8.   Berikut ini file yang sudah berhasil diunduh, dan dibuka dengan Winrar, di dalamnya terdapat berbagai shp yang sudah disebutkan di bagian awal tulisan ini. Sebagai catatan untuk penutupan lahan, masing-masing tipe penutupan lahan dijadikan per file shp, sehingga menjadi banyak.

9. Berikut file shp Kota Cirebon hasil unduh ketika dibuka pada QGIS.

Selamat mencoba.

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *