Update ArcGIS Pro Versi 2.8.6

Update ArcGIS Pro Versi 2.8.6

Anda sudah terinstall ArcGIS Pro 2.8 di laptop? Kini anda bisa mengupdatenya ke ArcGIS versi 2.8.6. Yap, ESRI sudah merilis patch atau tambalan untuk versi 2.8.6 tersebut pada tanggal 17 Februari 2002. Info lengkap rilis di ESRI tentang ArcGIS versi 2.8.6 silahkan klik di situs ESRI. Jika anda sudah mempunyai akun My ESRI maka anda sudah bisa mendownload file update tserbut di dalamnya, namun jika belum baca terus postingan ini.

ArcGIS Pro ini adalah software keluaran ESRI terbaru yang kemampuannya jauh melebihi ArcGIS Desktop, walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa sampai saat ini pengguna ArcGIS Desktop mungkin masih lebih banyak. Ini tentu saja karena memang memerlukan waktu bagi pengguna untuk berpindah dari zona nyaman ArcGIS Desktop ke ArcGIS Pro. Selain memerlukan waktu tentunya juga harus melakukan adaptasi menu, tampilan, dan sebagainya.

 

Bekerja dengan ArcGIS Pro memang banyak kelebihannya, salah satu yang menurut Lintasbumi ‘asyik’ adalah di ArcGIS Pro bisa terkoneksi dengan basemap tile dari vendor lain selain yang disediakan secara default oleh ESRI, melalui fungsi path (Baca juga : Google Maps Di ArcGIS Desktop (ArcMap) Dan ArcGIS Pro Tanpa Plugin? Tentu Saja Bisa !). Kemudian membuat data driven page di ArcGIS Pro secara tampilan juga lebih memudahkan karena nama indeksnya tampil sebagai tree, dibanding fungsi yang sama di ArcGIS Desktop. Dan tentu saja banyak hal lainnya yang betul-betul baru.




ArcGIS Pro Update 2.8.6

Dalam setiap rilis versi ArcGIS Pro tentu saja selalu ditambahkan atau ditingkatkan kemampuan, fungsi, dan tools di dalamnya dibandingkan dengan versi sebelumnya. Walaupun terkadang peningkatan itu tidaklah signifikan bagi pengguna biasa yang hanya menggunakan ArcGIS Pro untuk pekerjaan standar seperti dijitasi, georeferensi, edit, database, symbology, dan layout. Namun pentingnya sebuah update juga terkadang adalah menambal celah-celah keamanan software dan data spasial pengguna sendiri. Untuk itu memang sebetulnya penting untuk melakukan perbaruan atau update ArcGIS Pro jika mempunyai kesempatan.

Cara melakukan updatenya pun mudah saja. Jika anda belum mempunyai akun My ESRI anda bisa mendownloadnya di akhir postingan ini, tentunya setelah anda menjadi Member Advance di Lintasbumi dan login sesuai akun. Setelah file ArcGIS_Pro_286_181131.msp diunduh, langsung saja eksekusi dan ikuti saja tahapan yang muncul (next sampai finish). Ini dengan catatan sudah terinstall ArcGIS Pro 2.8.x ya sebelumnya. Jika belum punya silahkan download ArcGIS Pro 2.8.0 nya di Download ArcGIS Pro dan install dulu.



Untuk bisa mengupdatenya cukuplah mudah, syaratnya tentu anda harus sudah terinstall ArcGIS Pro versi 2.8.0, ataupun versi patch sebelumnya (2.8.1 sampai 2.8.5). Namun demikian, file update ArcGIS Pro 2.8.6 ini di dalamnya sebetulnya sudah include patch versi 2.8.1 sampai 2.8.5) makanya cukup punya / terinstall versi 2.8.0 saja.

Biasanya ESRI suka menginformasikan apa yang baru atau tambalan apa saja yang ditambahkan pada rilis terbaru. Namun sayangnya di situs ESRI tidak secara spesifik disebutkan apa yang baru atau ditambal dengan adanya versi 2.8.6. Jika membaca informasi yang sudah-sudah biasanya patch hanya menambah / memperbaiki beberapa bug yang berhubungan dengan error pada data tertentu ataupun kecepatan memproses data tertentu.

Berikut link unduhnya (klik gambar —> khusus Member Advance), di halaman tersebut terdapat cara installnya juga.

Budayakan untuk selalu membaca Kebijakan Privasi (hak cipta).

Bagi anda yang sudah mempunyai akun bisnis (termasuk organisasi) di MY ESRI, tinggal login dan akan bisa mengunduh installernya di dalamnya.



About Lintas Bumi 124 Articles
Lintas Bumi adalah blog berbagi info, trik, dan data seputar dunia informasi geospasial baik nasional ataupun global.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*