Mantap ! Akun DEMNAS Kini Sudah Terintegrasi Dengan Ina Geoportal

Digital Elevation Model Nasional atau DEMNAS sejak diluncurkan dan terbuka untuk diinduh oleh publik tahun 2018 lalu, ternyata banyak mendapatkan apresiasi dan respon yang baik dari pengguna data spasial. Salah satu yang membuatnya menjadi menarik dan layak untuk digunakan (diunduh) adalah ketelitian atau resolusi spasialnya yang lumayan detail yaitu 8 x 8 meter, yang mana bisa digunakan untuk berbagai keperluan pemetaan skala sedang bahkan detail misalnya untuk tata ruang, pertambangan, infrastruktur, dan lainnya.

Untuk bisa mengunduhnya, pengguna harus mempunyai akun khusus yang bisa dibuat situs resminya yaitu di http://tides.big.go.id/DEMNAS/ atau di ina geoportal (https://tanahair.indonesia.go.id). Namun sejak tanggal 17 Ramadhan atau tepatnya 29 April 2021 khusus url http://tides.big.go.id/DEMNAS/ tersebut sudah dialihkan ke ina geoportal semua, di mana pengumuman resminya seperti terlihat di screenshoot berikut. Alamat situsnya pun sudah menjadi satu (menjadi sub domain) dari ina geoportal (https://tanahair.indonesia.go.id/demnas/), tampilan tetap sama dengan yang lama termasuk menu untuk mengunduhnya.

Pengumuman resmi perpindahan alamat unduh DEMNAS di URL lama

 

Update ini ternyata masih ada sedikit kekurangannya, apa itu?

(Situs) DEMNAS ini memang sebetulnya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kebijakan ina geoportal, hanya saja mungkin di tahap awal dikarenakan masih ada kendala teknis maka belum bisa diintegrasikan di situs ina geoportal. Karena terpisah tersebut, praktis pengguna harus mempunyai dua akun untuk mengunduh data di masing-masig situs tersebut, baik itu di ina geoportal ataupun DEMNAS. Sebetulnya hal itu tidaklah menjadi masalah, namun kurang praktis saja.

Saat ini dengan adanya perpindahan atau penyatuan situs DEMNAS ke ina geoportal, maka untuk mengunduh DEMNAS cukup login dengan akun ina geoportal saja. Jadi begitu klik Download di kanan atas halaman, sudah langsung muncul jendela login ke akun ina geoportal, seperti bisa dilihat pada screenshoot di bawah ini. Jika teman-teman belum mempunyai akun ina geoportal silahkan daftar terlebih dahulu, untuk caranya bisa membaca postingan di bawah ini.

Baca juga : Cara Mengunduh Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) dari Ina Geoportal

Tampilan situs DEMNAS di URL baru
Halaman login akun di situs DEMNAS yang baru

Ketika sudah login, maka pengguna akan langsung dibawa ke halaman peta indeks DEMNAS untuk melakukan pengunduhan sesuai area yang diinginkan. Yang berbeda jika dibandingkan dengan situs yang versi lama adalah kini tampilannya ‘sedikit’ lebih disegarkan, namun untuk cara mengunduhnya tetap sama dengan versi lama.

Baca juga : Baru! Unduh DEM Indonesia Versi BIG (DEMNAS) Resolusi 8 Meter

Klik kanan indeks dan akan tampil pilihan unduh

Pada halaman unduh di situs DEMNAS baru ini, setelah Lintasbumi mencobanya ternyata masih terdapat beberapa ‘kekurangan’.  Antara lain jika mengalami kegagalan unduh entah karena koneksi teman-teman yang kurang bagus ataupun masalah di server DEMNAS nya, atau pernah mengunduh data yang sama sebelumnya, atau mengklik batal (cancel) di salah satu sheet, maka tidak akan bisa lagi mengunduh file yang sama. Lintasbumi pernah mengalaminya dan keluar halaman notifikasi seperti screenshoot berikut.

 

Bagaimana Solusinya?

Sebagai solusinya harus menunggu 24 jam lagi atau menggunakan akun lain/baru untuk mengunduh ulang (lintasbumi pernah mencoba dengan hapus history dan cookies di browser tapi tetap tidak bisa). Tips lainnya jika sudah muncul notifikasi penyimpanan hasil unduh jangan sekali-kali di cancel, lanjutkan saja biarpun data tersebut bukan yang dimaksud, siapa tahu suatu saat data lembar itu diperlukan.

Tips terakhir anda bisa aktif bertanya di forum-forum pengguna SIG di medsos jika ada kekurangan data DEMNAS atau jika mengalamai masalah tadi. Di beberapa grup pengguna SIG, sudah ada yang mengunduh keseluruhan dari data DEMNAS ini dan menyimpannya di Google Drive. Mereka akan membantu anda dengan menshare data yang dibutuhkan tersebut.

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *