Mengelola Shp di Android, Kenapa Tidak? (SW Maps Video)

Untuk membantu survey yang berbasis data spasial seperti untuk groundcheck kesesuaian obyek citra dengan kondisi lapangan, atau pengukuran poligon lahan di lapangan, pengukuran jalan dan lain-lain biasanya kita membutuhkan aplikasi yang bisa membantu mempermudah pekerjaan itu. Saya pun termasuk salah satu pengguna aplikasi semacam itu karena memang ketika di lapangan membutuhkan ‘asisten’ survey.

Saat ini aplikasi di android untuk survey yang berbasis data spasial sudah bertebaran di play store. Kita harus pintar-pintar mencermati kelebihan dan kekurangan masing-masing aplikasi tersebut sebelum memutuskan untuk menginstall dan menggunakannya, yang populer sudah banyak seperti Avenza Maps, Mobile Topographer, GPS Essential dan lain-lain. Pertimbangkan bahwa menu-menu di aplikasi tersebut bisa menjawab kebutuhan anda dan sesuai dengan spesifikasi ponsel anda. Beberapa aplikasi survey android telah saya coba aplikasikan di pekerjaan saya, nah dari sekian banyak yang sering saya gunakan salah satunya adalah SW Maps.

Aplikasi survey SW Maps ini sebetulnya secara umum sama saja dengan yang lainnya, dan sudah populer digunakan sejak lama. Fasilitasnya yaitu berbasis layanan lokasi android (GPS dinyalakan), mampu me-record waypoint, track, dan route, bahkan juga bisa meng-capture foto dengan koordinat peta (geo tagging). Bahkan bisa connect ke GPS eksternal dengan fasilitas bluetooth. Android yang bisa diinstal SW Maps ini adalah versi 4.0.3 ke atas. Pembuat aplikasi ini adalah SOFTWEL (P) Ltd.

Kenapa saya memilih si SW Maps ini? karena kelebihan dari aplikasi SW Maps ini adalah kemampuannya untuk menyimpan, mengelola, dan menampilkan data shapefile seperti kita melakukannnya di software SIG desktop, yang mana itu tidak (atau belum) dimiliki oleh aplikasi android lainnya. Lalu kita juga bisa menggambar secara manual fitur (layer) titik, poligon, dan garis langsung di layar ponsel android cukup dengan sentuhan. Hasil record dan gambar kita di SW Maps ini juga bisa diexport kembali ke format shp.

Manfaat dari aplikasi ini selain untuk membantu survey juga untuk mengelola data spasial hanya dalam genggaman ponsel. Mungkin kita tidak sedang survey, tapi dalam suatu pertemuan misalnya perlu menunjukan shapefile secara cepat tanpa membuka laptop, maka aplikasi ini akan sangat membantu. Shp bisa diatur penampilannya seperti layaknya di software SIG desktop, seperti warna simbolnya di kategorisasi, lalu dilabel, tambah dan delete data atribut, identify atributnya, dan sebagainya. Background map bisa menggunakan peta online semacam google street, terrain, osm, dan sebagainya. Hanya saja memang SW Maps tidak bisa untuk analisis.

Video dasar-dasar penggunaan SW Maps silahkan tonton di channel kami (klik video di atas), mudah sekali. Untuk mencoba maka disarankan sudah disiapkan sebuah atau beberapa file shp di ponsel android anda. Manual berbahasa inggris silahkan unduh di sini. Selamat mencoba.

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *