Global Mapper Versi Terbaru (GM Pro V25.0.2 64 Bit)

Global Mapper Versi Terbaru (GM Pro V23.1 Build 030322 64 Bit)

Software Global Mapper sejak pertama kali peluncurannya telah mencuri hati para pengguna SIG dan Inderaja di seluruh dunia. Inisiatif pengembangan Global Mapper menurut beberapa catatan dikembangkan antara tahun 1995 – 2000 an, di mana dalam masa itu belum bernama Global Mapper. Barulah pada tahun 2001 secara resmi diluncurkan aplikasi Global Mapper yang juga ditangani oleh pengembang dengan nama yang sama yaitu Global Mapper Software LLC di Amerika.

Dalam perkembangannya software ini memang banyak diminati karena terus dikembangkan untuk bisa membaca dan bahkan menganalisis berbagai format data-data spasial. Nah tak heran praktisi dunia data spasial tak akan melewatkan software ini, dikarenakan fleksibilitasnya yang bisa membaca dan konversi berbagai format data spasial begitu banyak hanya di satu aplikasi, bahkan menurut beberapa sumber hampir sebanyak 250 jenis format data yang bisa dibaca. Mungkin baru Global Mapper yang bisa melakukan hal tersebut.

Memang Global Mapper adalah sebuah aplikasi GIS yang terjangkau dan mudah digunakan yang menawarkan akses tertandingi ke berbagai dataset spasial dan memberikan tingkat fungsionalitas untuk memuaskan para profesional GIS berpengalaman dan pengguna awam. Karena semakin ke sini fungsi-fungsi di dalamnya semakin dikembangkan seperti kemampuan 3D, pengolahan data LIDAR, LAS, pembuatan animasi peta, dan sebagainya. Tak heran para profesional GIS semakin ‘kesengsrem’ dengan aplikasi ini.



Kemampuan Global Mapper

Global Mapper adalah software GIS yang lebih ringan dari ArcGIS tetapi dapat melakukan hal-hal tertentu dengan lebih cepat atau mudah. Si Global Mapper ini bisa berfungsi baik sebagai alat manajemen data spasial mandiri ataupun sebagai komponen integral dari kebutuhan GIS yang lebih lanjut, Global Mapper harus dimiliki oleh siapa saja yang bekerja dengan peta atau data spasial. Beberapa kemampuannya antara lain;

  • Murah dan mudah digunakan GIS
  • Mendukung lebih dari 250 format data spasial
  • Modul LIDAR opsional untuk titik kuat pengolahan cloud
  • Manajemen proyeksi canggih menggunakan GeoCalc library*
  • Dukungan teknis yang tak tertandingi dan gratis
  • Georeferensi image
  • Pengolahan dan analisis image serta vektor
  • Download data
  • Dan lain-lain

* Membutuhkan lisensi Geographic Calculator

Tampilan sebagian format data yang bisa dibaca Global Mapper
Tampilan sebagian format data yang bisa dibaca Global Mapper

 

Download Global Mapper Pro versi 23

Global Mapper merupakan software keluaran Bluemarble Geographic (diakuisisi sejak tahun 2011) yang telah terbukti kehandalannya dalam menangani berbagai data spasial (vektor dan raster) dalam berbagai format file. Tentunya bagi para pelaku SIG dan Inderaja software ini sudah bukan barang baru lagi, sering digunakan karena berbagai ratusan format data bisa dibaca olehnya. Soal harga, dibanding ArcGIS tentunya harga resminya jauh lebih murah, hanya US$ 549 sudah termasuk ekstensi tambahan seperti tools untuk mengolah LIDAR, bandingkan dengan ArcGIS yang mencapai US$ 1.500 untuk single license belum include ekstensi tambahan.



Pengalaman yang sudah-sudah, software Global Mapper ini akan memerlukan space hardisk kurang lebih 500 mb, tapi itu sesuai dengan kinerjanya yang memang baik. Satu hal penting lagi adalah kemampuannya dalam mengelola data spasial, menampilkan vektor seperti shapefile beserta atribute table nya yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Ini bisa dipadukan dengan menampilkan format data lainnya terutama raster.

Kali ini anda juga bisa langsung mengunduh versi desktop atau portable nya sekaligus (versi tertentu!), silahkan klik link unduh di bagian paling bawah dari postingan ini. Untuk yang versi portable, siapkan USB flashdisk ataupun hardisk external anda, extract file rar unduhan versi portable, cari file globalmapper.exe dan langsung eksekusi. Tersedia hanya versi 64 bit.

 

Untuk mendownload Global Mapper versi terbaru, anda bisa mengunjungi situs Blumarble Geographic untuk mencoba versi trialnya yaitu di sini. Khusus untuk member Lintasbumi juga bisa mendownload GM Pro 25.0.2 (update Nopember 2023), V24, V23, V22, atau V21 klik Galeri Global Mapper (khusus member full / advance)

PS: untuk efisiensi postingan mengenai update Global Mapper, maka postingan tentang unduhan Global Mapper versi-versi sebelumnya telah dihapus. Untuk langsung mengunduh Global Mapper versi sebelumnya (di bawah V21) silahkan kunjungi Geoimaji.

Jangan lupa budayakan membaca kebijakan privasi (kebijakan hak cipta).



About Lintas Bumi 124 Articles
Lintas Bumi adalah blog berbagi info, trik, dan data seputar dunia informasi geospasial baik nasional ataupun global.

11 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*