Download Peta Batas Kawasan Hutan Indonesia Shp

Misalnya nih untuk Provinsi Aceh ditetapkan melalui SK Menteri LHK No. SK.103/MenLHK-II/2015 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Kehutanan Nomor SK.865/Menhut-II/2014 tentang Kawasan Hutan dan Konservasi Perairan Provinsi Aceh, yang petanya bisa dilihat di bawah.

Namun data batas kawasan hutan yang terbaru di setiap provinsi bisa jadi belum dipublikasi, dan shp-shp yang beredar dunia maya bisa jadi masih data yang lama. Kebetulan Lintasbumi sendiri pernah terlibat dalam proses KLHS usulan perubahan batas kawasan hutan Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2020 lalu, dan saat ini sepertinya SK Menteri LHK yang barunya belum ditetapkan. Jadi bagi anda yang memerlukan data batas atau status kawasan hutan Indonesia, jangan lupa pastikan anda selalu mengecek ke website bagian hukum Kementerian LHK untuk melihat apakah ada produk hukum baru terkait dengan penetapan kawasan hutan di Indonesia.

Baca juga :

Di setiap lokasi kawasan hutan ada pengelolanya sendiri-sendiri sebagai perangkat pemerintah, seperti misalnya kalau taman nasional ada Balai Taman Nasional, kawasan konservasi ada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), lalu di provinsi ada juga KPH, dan sebagian lagi dikelola oleh perusahaan swasta berupa izi konsesi (dulu istilahnya HPH / HTI, kalau sekarang PBPH HA / HTI / RE), serta institusi lainnya.




Symbology Peta Kawasan Hutan

Dalam mendesain peta batas kawasan hutan untuk keperluan yang sifatnya formal, penentuan simbol atau tepatnya warna legenda tidaklah sembarangan. Hal itu karena memang sudah ada ketentuannya dari Kementerian LHK, walaupun sebetulnya itu ditujukan untuk keperluan internal.

Sesuai dengan Peraturan Direktorat Jendral Planologi dan Tata Lingkungan Kementerian LH dan Kehutanan Nomor P.6/PKTL/SETDIT/KUM.1/11/2017 tentang Petunjuk Teknis Penggambaran dan Penyajian Peta Lingkungan Hidup dan Kehutanan, berikut ini simbol khususnya komposisi RGB untuk poligon kawasan hutan beserta outlinenya (jika diperlukan/tertentu).



  • Kawasan hutan suaka alam dan Kawasan hutan pelestarian alam (TN, TWA, TB, SM, CA, Tahura), komposisi RGB : 173  63  255
  • Hutan Lindung, komposisi RGB : 2  173  0
  • Hutan Produksi Terbatas, komposisi RGB : 138  242  0
  • Hutan Produksi Tetap, komposisi RGB : 255  255  0 (Yellow)
  • Hutan Produksi yang dapat Dikonversi, komposisi RGB : 255  94  255
  • APL : – (no color)

Berikut ini adalah contoh penerapan komposisi warna tersebut dalam shp batas kawasan hutan Provinsi Papua Barat (2017).

 

Untuk data atribut shp nya, nampak seperti di gambar berikut;

Tabel atribut versi tahun 2017

 

Symbology Peta Kawasan Hutan Se-Indonesia

 

Download shp batas kawasan hutan

Lintasbumi mengkoleksi beberapa data batas kawasan hutan dalam format shp, dari beberapa sumber non formal. Menurut sumbernya data tersebut adalah batas kawasan versi ketetapan Menteri LHK sampai tahun 2017. Data tersebut bisa diunduh namun khusus oleh member  lintas bumi (semua tipe member) di halaman Download Saya setelah login dan melakukan request.

Selain data shp, berikut link SK Menhut / Menteri LHK terkait penetapan / penunjukan kawasan hutan di provinsi dimaksud walaupun belum tentu sama dengan petanya (khusus member full dan advance).

Update (Batas Kawasan Hutan Tahun 2022)

Terima kasih kepada salah satu pengunjung yang menanyakan sekaligus memberi clue adanya update kode tipe kawasan hutan di peta batas kawasan hutan terbaru. Memang betul ada perbaruan yang dilakukan Kementerian LHK di peta kawasan hutan tahun versi terbaru (mungkin rilis tahun 2022?) menjadi 6 dijit. Update kode yang berhasil didapat beserta peta sampelnya oleh Lintasbumi adalah sebagai berikut (screenshoot);

 

Sesuai dengan Kamus Data Geospasial KLHK tahun 2021 di halaman 16 dan 17, kode-kode kawasan hutan 2022 tersebut sudah final. Bagi member lintasbumi bisa request unduh gratis shp kawasan hutan 2022 ini (free maksimal 2 kabupaten/kota dan tidak mengurangi kuota), ketentuan lengkap di halaman download, sedangkan untuk kamus datanya (pdf) bisa diunduh oleh member di sini (non member akan direject).

 

Disclaimer :
  • Data batas kawasan hutan yang dishare oleh Lintasbumi ini bukan data resmi mengenai batas hutan, karena tidak diketahui secara pasti sumbernya.
  • Data-data mengenai batas kawasan hutan yang resmi dan terbaru silahkan dapatkan di situs resmi atau geoportal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau situs geoportal pemerintah daerah terkait, dan atau anda mengajukan permohonan resmi ke wali data terkait.
  • Budayakan membaca Kebijakan Privasi (kebijakan hak cipta)

 

Referensi :
  • UU No 41 tahun 1999 tentang Kehutanan
  • UU No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya
  • PP No. 104 tahun 2015 tentang Tata Cara Perubahan Peruntukan dan Fungsi Kawasan Hutan
  • PP No. 23 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Kehutanan
  • Perdirjen PKTL Kementerian LHK No. P.6/PKTL/SETDIT/KUM.1/11/2017 tentang Petunjuk Teknis Penggambaran dan Penyajian Peta Lingkungan Hidup dan Kehutanan



About Lintas Bumi 127 Articles
Lintas Bumi adalah blog berbagi info, trik, dan data seputar dunia informasi geospasial baik nasional ataupun global.

26 Komentar

    • Tahun 2015. Pada setiap provinsi harus dicek di web klhk atau statistik klhk apakah sudah ada sk penetapan terbarunya. Jika belum ada, maka yg tahun 2015 an masih berlaku sampai saat ini. Tks.

    • Untuk bisa mendownload, harus menjadi member dulu (full member). Prosedur dan pembayaran bisa dilihat di menu Member -> Keanggotaan. Tks.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*