Download Shp Peta Geologi Indonesia (Formasi, Litologi, Struktur)

Download Shp Peta Geologi Indonesia

Informasi geologi sangat sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia, apalagi kaitannya dengan masalah-masalah biofisik, pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam. Sebut saja misalnya bidang pertambangan yang kaitannya dengan mineral dan batuan sangat jelas berbasiskan pada informasi dan peta geologi.

Bidang-bidang lainnya pun yang sangat erat dengan tanah dan batuan seperti kebencanaan (antara lain seperti permasalahan gunung berapi, gerakan tanah (longsor), dan sejenisnya), perminyakan dan sejenisnya juga membutuhkan data geologi baik peta (lokasi) ataupun analisis batuan / tanahnya secara fisik / langsung. Informasi kebencanaan geologi bahkan kini menjadi salah satu syarat dan pertimbangan yang harus ada dalam pembuatan tata ruang wilayah. Bahkan dalam penanganan pembuangan atau penyimpanan limbah yang berbahaya dan beracun (B3) seperti sampah uranium juga sangat berbasiskan kepada informasi geologi.

Geologi dikenal sebagai ‘geoscience‘ atau ‘earth science‘. Secara umum geologi didefinisikan sebagai sebuah studi tentang struktur, evolusi, dan dinamika Bumi serta sumber daya mineral dan energi alaminya. Ilmu geologi menyelidiki proses yang telah membentuk Bumi melalui 4500 juta (perkiraan!) tahun sejarahnya dan menggunakan catatan batuan untuk mengungkap sejarah itu. Hal ini berkaitan dengan dunia nyata di luar laboratorium dan memiliki relevansi langsung dengan kebutuhan masyarakat (geolsoc.org.uk).




Kebutuhan data geologi dalam berbagai kegiatan pembangunan seperti perencanaan dan pengembangan wilayah, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, dan sebagainya diantaranya mencakup kondisi tanah dan batuan, aktivitas tektonik, hidrologeologi, geodinamika, dan sumber daya geologi. Misalnya Informasi tanah dan batuan diperlukan untuk merencanakan penempatan bangunan dengan kondisi struktur yang memadai termasuk kebutuhan untuk penyediaan bangunan vertikal yang semakin tumbuh di kawasan perkotaan di masa depan. Salah satu sumbernya adalah dari peta geologi.

Informasi geologi biasanya diproduksi atau disajikan dalam bentuk peta-peta geologi. Informasi di dalamnya tentu saja berasal dari survey berbagai jenis batuan dari seluruh penjuru Indonesia. Di Indonesia sendiri peta geologi mempunyai sejarah yang panjang. Peta geologi wilayah Indonesia telah dirintis pembuatannya oleh pemerintah Belanda ketika menjajah Indonesia atau sebelum Indonesia merdeka, dan sampai saat ini masih selalu dilakukan perbaruan oleh pemerintah dalam hal ini tentu melalui Badan Geologi kementerian ESDM.

Dikutip dari Berita IAGI, peta geologi biasanya menyajikan beragam informasi berupa jenis dan sebaran batuan, struktur, morfologi dan kemiringan lereng, kerentanan tanah, serta runtunan variasi batuan. Badan Geologi ESDM sendiri telah mengupdate peta geologi Indonesia ke skala 1 : 50.000 di mana sheetnya mengikuti peta RBI BIG dengan skala yang sama, dan jumlahnya mencapai 3.774 sheet untuk seluruh Indonesia. Peta geologi Indonesia sendiri memiliki catatan yang panjang dalam pembuatannya, mengutip situs Badan Geologi (dari Berita IAGI), sejarah pemetaan geologi di Indonesia dibagi menjadi empat periode:

  • Periode I: Antara 1921-1968. Pemetaan dilakukan secara setempat-setempat terutama di wilayah Jawa dan Sumatera.
  • Periode II: Dari tahun 1969 sampai 1995. Pemetaan Geologi dilakukan secara sistematik pada skala 1: 100.000 untuk wilayah pulau Jawa dan 1:250.000 untuk wilayah Pulau Jawa.
  • Periode III: Antara tahun 1996 sampai 2008, pemetaan geologi sudah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi penginderaan jauh dan yang juga mendukung pelaksanan dengan memanfaatkan teknologi penginderaan jauh dan juga mendukung pelaksanaan geologi tematik.
  • Periode IV: Dari tahun 2009 sampai saat ini pemetaan dilakukan dengan pemantapan dengan teknologi penginderaan jauh resolusi tinggi untuk melakukan pemetaan dengan skala yang lebih besar 1:50.000



About Lintas Bumi 121 Articles
Lintas Bumi adalah blog berbagi info, trik, dan data seputar dunia informasi geospasial baik nasional ataupun global.

3 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*