Menembus Google Adsense (Part 1)

Menembus Google Adsense (Part 1)

Bagi anda pengunjung setia Lintasbumi tentu tidak heran jika banyak menemui iklan di halaman web ini, hal itu adalah sesuatu yang lumrah dalam sebuah blog. Demi menjaga tetap tegaknya blog tentu saja dibutuhkan biaya operasional, entah itu biaya hosting, fee penulis, dan sebagainya. Dari mana semua itu berasal? Bagi blogger yang betul-betul ngeblog adalah sebuah passion dan hobi, uang pribadi pun tentu tidak jadi masalah. Tapi bagi yang budget pribadinya pas-pasan untuk mengelola blog atau blognya memang berorientasi menghasilkan profit, iklan di blog adalah salah satu alternatif.

Dari sekian banyak pilihan iklan untuk blog, salah satu yang sejak lama jadi pilihan adalah Google Adsense. Apa itu Google Adsense silahkan anda cari sendiri di web lain, sudah banyak bahasannya, bukunya pun bisa ditemui di toko-toko buku. Tulisan Lintasbumi ini hanyalah intermezzo, just ingin berbagi pengalaman saja dalam menembus Google Adsense. Mudah-mudahan bisa memotivasi para pengunjung Lintasbumi yang barangkali kebetulan ada yang seorang blogger yang ingin menembus Google Adsense.

Flashback dulu, beberapa tahun lalu sebelum blog ini lahir, terlebih dulu Lintasbumi ngeblog di blogspot yaitu lintasbumi.blogspot.com. Pakai blogspot karena gratisan, dan niatnya pun hanya iseng sharing hal-hal terkait SIG Inderaja saja, belum kepikiran yang namanya pengen pasang iklan di blog, walaupun sudah tahu sih Google Adsense. Bahkan Lintasbumi pernah beli buku Google Adsense segala, tapi nggak pernah sama sekali isi bukunya dipraktekan, karena malah bingung. Namun pernah sih coba-coba apply Google Adsense dari blogspot itu, tapi ditolak (dapat email seperti gambar di bawah). Habis itu pun tidak ditindaklanjuti apa sebabnya dan bagaimana memperbaikinya (reapply), karena lebih sibuk di pekerjaan dan tidak niat juga.

Potongan email dari Google tanda Google Adsense tidak disetujui

Baru pada saat kuliah s2, di sela-sela kuliah seorang teman kuliah bercerita bahwa ada anggota keluarganya yang jadi blogger, dan saudaranya ini dari blog punya penghasilan yang lebih gede dari yang dia dapat. Saudaranya ini hobinya otomotif dan di blognya adalah semua hal tentang motor kalau tidak salah, sayang saya lupa sampai sekarang apa alamat blognya.

Sejak itu Lintasbumi berfikir, selama ini punya blog di lintasbumi.blogspot.com dan kalau dilihat jumlah pengunjungnya lumayan juga di atas 100 per hari. Walaupun memang isinya sangat gado-gado karena tidak hanya tentang SIG Inderaja saja, dan update masih semaunya tanpa tujuan, yah namanya juga iseng. Lintasbumi fikir kayaknya potensi itu bisa dijadikan modal untuk blog yang menghasilkan dan mendatangkan pendapatan (tambahan).



Persiapan Syarat Nembus Google Adsense

Mulai tuh Lintasbumi melakukan beberapa riset antara lain melakukan blog walking, dan tak lupa tentunya searching di Google tentang bagaimana caranya monetize blog. Dari berbagai info yang didapat, dan dari sekian pilihan akhirnya memutuskan untuk mencoba lagi apply Google Adsense lagi. Mulailah mendalami bagaimana trik para blogger menembus Google Adsense, tentu saja termasuk juga cerita-cerita suka dan dukanya. Secara umum dalam ‘menembus’ Google Adsense sebetulnya tidak ada standar khusus, yang paling penting adalah blog kita betul-betul harus mengikuti Kebijakan Penayangan Google Adsense.

Dari sekian banyak cerita sukses menembus Google Adsense, salah satu tipsnya adalah sebaiknya alamat blog atau tepatnya url harus lah TLD atau Top Level Domain, bukan subdomain. Peluang menembus Google Adsense bagi blog yang url nya ber-TLD lebih besar dibanding yang pakai subdomain. TLD misalnya yang seperti situs ini; www.lintasbumi.com, sedangkan url subdomain contohnya lintasbumi.blogspot.com. Namun di sisi lain url TLD tentunya harus bayar minimal per tahun, belum lagi ada biaya hostingnya yang besarannya bervariasi bergantung spek dan provider. Singkatnya dari situlah lahir nama blog dan alamat www.lintasbumi.com yang ada sekarang.

Trik selanjutnya ambilah niche blog atau topik yang fokus di satu topik saja, yang sesuai dengan passion kita. Karena kalau gado-gado atau segala dibahas perlu kerja keras dan saingannya banyak, namun itu terserah saja karena bergantung minat juga. Lintasbumi sendiri seperti sudah bisa dilihat, fokus pada topik tertentu saja. Karena hal yang paling penting tentang niche ini adalah di mana passion anda sebagai blogger.

Trik lain selanjutnya yang Lintasbumi praktekan setelah punya web TLD adalah buatlah postingan yang original buatan kita sendiri, bukan copy paste 100% dari web lain dan sumber digital (online) lainnya, dan harus menarik. Topik dan bahasan postingan bisa saja sama dengan di blog lain, namun aspek redaksional (tulisan / kalimat) harus berbeda yaitu berdasar pandangan kita sendiri, dan kalau bisa unik. Ada yang memberikan tips minimal ditulis 1000 kata khususnya sebelum diapproved, dan itu Lintasbumi lakukan. Namun postingan blog bisa di bawah 1000 kata, terutama setelah diapproved, tapi jangan terlalu sedikit juga. Buatlah postingan lebih menarik misal dengan memasukan gambar dan video pendukung, tapi yang tidak melanggar hak cipta (misal bukan copy paste atauhasil download di internet yang tidak free). Tim Google Adsense sangat tegas dan keras dengan yang namanya hak cipta, dan akan tahu jika terjadi pelanggaran dan pasti akun akan dibanned.



Kemudian trik selanjutnya teraturlah membuat postingan, tidak harus setiap hari namun terlihat regulernya. Lintasbumi sendiri di awal-awal cuma posting seminggu satu, bahkan sampai sekarang pun demikian (sekarang-sekarang bahkan lebih lama lagi he he he). Lalu yang tak kalah penting dan menurut Lintasbumi sangat penting adalah tingkatkan traffic kunjungan ke web ada, caranya banyak bisa dicari di blo-blog tentang SEO. Yang Lintasbumi lakukan adalah mempromosikan web, misalnya dengan share link postingan di medsos (yang dipunyai, atau grup facebook/WA, dan sebagainya yang sudah punya follower banyak), bisa juga promosi link dengan memberi komen blog lain atau misalnya channel youtube, dan sebagainya. Setelah melakukan itu alhamdulillah web baru Lintasbumi dalam waktu beberapa minggu dengan 10 postingan sudah dapat pengunjung minimal sekitar 100 per hari.

Hal tak kalah penting selanjutnya adalah desain blog harus menarik dan Google Adsense Ready. Lintasbumi memutuskan web lintasbumi.com menggunakan WordPress dengan template yang menarik (disarankan). Kemudian trik lainnya di blog kita ada menu kebijakan privasi dan profil tentang blog, template nya banyak bisa ditemui di internet. Ini penting karena Google Adsense sangat menjunjung tinggi privasi pengunjung dan keamanan pengguna/pengunjung.

Jadi di tahap persiapan untuk apply Google Adsense ini, kesimpulan yang Lintasbumi lakukan adalah buat web dengan TLD, 10 postingan (minimal 1000 kata dan orisinil), desain blog menarik + menambah menu kebijakan privasi, profil, dst., serta traffic minimal 100 / hari. Kalau sudah punya syarat minimal ini maka Google Adsense Ready. Namun kondisi di atas sekali lagi hanya pengalaman Lintasbumi, anda bisa juga tidak berpatokan ke sana, banyak juga cerita-cerita di blog lain dengan kondisi yang malah lebih minim lagi namun tetap cepat diapprove oleh Google Adsense.



Akhirnya Nembus Google Adsense

Namanya produk Google, maka setelah semua syarat web blog kita siap, untuk apply tentu kita harus sudah punya akun Google, jika sudah punya maka kita tinggal masuk atau login ke Google. Atau lebih afdol lagi langsung login di halaman Google Adsense. Mohon maaf untuk cara daftar dan applynya silahkan anda cari di web lain, sudah banyak yang membahas.

Setelah Lintasbumi apply, di situ diberitahukan bahwa akan dikonfirmasikan disetujui atau tidaknya dalam kurun waktu 24 jam atau beberapa hari / minggu bergantung wilayah. Lintasbumi sejak itu tiap hari – tiap jam cek Gmail terus, dan finally yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga setelah kurang lebih 2,5 hari. Alhamdulillah web ini diapproved untuk menayangkan iklan Google Adsense, isi emailnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini. Jika disetujui seperti ini, biasanya secara otomatis di web kita akan muncul iklan, dan ketika melihat itu tuh rasanya bahagia banget.

Email dari Google tanda bahwa Google Adsense kita disetujui

Cerita si Google Adsense ini ternyata tidak semanis penampakan email approved di atas. Setelahnya banyak suka duka dan jatuh bangun dalam mengelola blog dengan Google Adsense, bahkan sampai harus reapply dan ditolak, padahal sebelumnya sukses. Bagaimana caranya bangkit lagi? Tunggu lanjutannya di bagian 2 nanti.



About Lintas Bumi 94 Articles
Lintas Bumi adalah blog berbagi info, trik, dan data seputar dunia informasi geospasial baik nasional ataupun global.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*