Attachment + Pop Up = Klik Peta Muncul Atribut + Foto

Terkadang untuk keperluan presentasi kita ingin menampilkan peta dan juga informasi terkait di dalamnya seperti misalkan foto,  dimana sekali klik fitur muncul info atribut + foto/video. Hal itu sebetulnya bukan sesuatu yang sulit jika menggunakan ArcMap atau ArcGIS Pro. Tapi ini berbeda dengan identify tool atau hot link, bagaimana caranya? Simak terus postingan Lintasbumi kali ini.

Tak bisa dipungkiri sebuah informasi spasial + tabel atributnya saja kadang rasanya kurang lengkap dan informatif tanpa disertai informasi pelengkap lainnya, seperti informasi bagaimana kondisi lapanganya yang bisa berupa dokumentasi foto, video, tulisan/deskripsi, dan media lainnya yang bersifat softfile. Sayangnya informasi tersebut sudah pasti sulit untuk masuk ke attribute table nya shp atau feature class.

Kabar gembiranya jika anda sudah terinstal ArcGIS (Desktop atau Pro) itu bukan sesuatu yang sulit, anda tinggal mengoptimalkan fungsi attachment atau lampiran. Namun ada syarat dan keterbatasannya, yaitu fitur spasial anda harus berupa feature class alias anggota sebuah geodatabase (atau feature dataset di geodatabase). Berikut adalah tahapan yang bisa anda lakukan.

Baca Juga : ArcGIS 10.8.1 Cuma Beda Dikit Sama ‘Adeknya’ 10.8



 

Membuat Attachment dan Link Foto (atau file) di ArcGIS Desktop / ArcMap

1. Buat sebuah project (mxd) atau dari yang sudah ada. Pastikan sudah mempunyai geodatabase atau buat jika belum. File geodatabase bisa file geodatabase ataupun personal geodatabase. Misalnya di sini Lintasbumi membuat baru dan memberinya nama Attachment.gdb. Adapun feature class nya yang sudah ada, membuat baru ataupun dengan mengimpor dari shp yang ada, dan yang pasti dia akan di link ke foto.

2. Tipe feature class bebas, bisa point, polyline, atau polygon. Misalnya Lintasbumi menggunakan (impor) batas administrasi, pada contoh ini adalah batas RW Kota Bogor yang dimasukan ke dalam feature dataset Kota_Bogor.


3. Sekarang feature class sudah ada, selanjutnya buat sebuah Attachment. Caranya klik kanan feature class – Manage – Create Attachments.

4. Sekarang pada geodatabase sudah terdapat relasi tabel (relationship class) dengan nama Batas_RW_KotaBogor_AttachRel dan juga sebuah tabel dengan nama Batas_RW_KotaBogor_Attach. Fungsi tabel tersebut adalah nantinya sebagai tempat menyimpan alamat link ke mana foto-foto yang kita hubungkan. Kalau mau baik memang sebaiknya semua foto disatukan dalam sebuah folder khusus ataupun malah dimasukan ke geodatabase walaupun buka peta.

5. Setelah itu siapkan foto, lalu di ArcMap feature class lalu diedit (start editing). Lalu select (klik) point/polyline/polygon yang akan kita link kan dengan foto. Misal pada kasus ini dipilih polygon RW di mana Istana Bogor berada, setelah ter select (biasanya di ArcMap jadi hilite warna biru) klik kanan dan pilih Attributes.


6. Lalu pada jendela yang muncul pilih Open Attachment Manager (klik gambar clip di kiri atas). Selanjutnya akan muncul jendela attachment, untuk menambahkan foto maka klik Add.

7. Pilih foto yang akan dilink kan, anda bisa menambahkan lebih dari 1 foto, klik add kembali. Bisa juga file seperti pdf, dan seterusnya, namun pada kasus ini khusu foto saja. Setelah selesai klik OK. Lintasbumi mengulanginya untuk 2 poligon lainnya yaitu di mana ada Tugu Kujang dan Stasiun Bogor.

8. Setelah selesai me link kan semua foto, jangan lupa klik save edit dan stop editing. Lalu klik nama layer di table of content, buka properties nya (klik kanan propeties). Pilih tab HTML Popup, lalu centang Download Attachment Data di bagian bawah, setelah itu klik OK.

9. Untuk memanggil foto pada poligon dimaksud, pada toolbar pilih HTML Popup, lalu klik lah poligon dimaksud yang sudah kita link kan fotonya.

Maka kini akan muncul jendela HTML Popup yang berupa callout di mana menampilkan foto di atasnya dan atributnya di bawah. 1 kali klik akan menampilkan 1 jendela Popup, jika diklik lagi pada feature yang sama maka akan memunculkan jendela/informasi yang sama berkali-kali, sehingga klik cukup 1 kali saja per feature.


10. Jika di 1 feature lebih dari 1 file di attachmentnya maka pada popup hanya dimunculkan terlebih dulu yang posisinya paling atas di attachment manager. Untuk file lainnya akan tercantum linknya di bawah foto pada popup tersebut. Tinggal klik link tersebut jika ingin menampilkan foto lainnya, namun biasanya akan muncul di jendela baru dan menutup layar ArcMap. Untuk mengedit foto yang dilink kan (tambah, delete, dan sebagainya), lakukan start editing lagi dan ulangi langkah 5 – 8 di atas.

 

Membuat Attachment dan Link Foto (atau file) di ArcGIS Pro

Pada ArcGIS Pro kini sudah tidak ada lagi identify tool yang biasanya kita temui di ArcMap, sebagai gantinya maka untuk klik info fitur nama toolnya yaitu Explore, secara default cursor sudah bisa klik fitur atau jika manual icon nya ada di bawah tab Map. Di dalamnya sudah termasuk HTML Popup, jadi tidak ada icon toolbar khusus HTML Popup. Bagaimana membuat attachment dan HTML Popup di ArcGIS Pro, simak penjelasan berikut.



1. Pada ArcGIS Pro prosesnya sama saja dengan di atas, jadi ulangi langkah 1 sampai 7, namun tentu saja dengan tampilan jendela yang berbeda tapi isinya sama. Ingat, jenis geodatabase di ArcGIS Pro hanya bisa file geodatabase.

Baca juga : ‘Jet Lag’ Berpindah Ke ArcGIS Pro : Beberapa Pengalaman Klak-Klik

2. Untuk pengaturan popup nya tidak di properties layer, tapi klik kanan – Configuration Pop-ups, pastikan juga jangan Disable Pop-ups. Lalu akan muncul jendelanya (biasanya sebelah kanan), di situ default nya field yang tampil di atas, untuk itu ganti jadi image yang di atas (drag image nya ke paling atas).

2. Untuk klik di layar, langsung saja tanpa klik dulu icon HTML Popup seperti di ArcMap (karena memang tidak ada di ArcGIS Pro termasuk juga tidak ada tool identify, semua tergabung satu dalam popup / explore). Centang show List of Attachments di bawahnya. Kini langsung saja klik Feature dimaksud, langsung muncul seperti di ArcMap namun bedanya tidak berupa callout. Untuk modifikasi juga sama, jika ingin mengedit maka layer dimasud tinggal di start edit lagi

 

Kesimpulan

Menampilkan peta + atribut + foto (atau multimedia lainnya) adalah mungkin, terutama dengan fasilitas Attachment di ArcGIS Desktop atau Pro. Fungsi Attachment hanya bisa tampil di feature class (geodatabase), tidak bisa untuk shapefile. Peta + atribut + foto tampil dengan HTML Popup, hanya saja HTML Popup dengan foto hanya enak dilihat untuk 1 foto saja per feature nya.

Sumber foto-foto : wikimedia.org



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *