Unduh Global Mapper Versi 21 64 Bit (v21.0.1 Build 100319 x64)

Global Mapper merupakan software keluaran Bluemarble Geographic yang telah terbukti kehandalannya dalam menangani berbagai data spasial (vektor dan raster) dalam berbagai format file. Tentunya bagi para pelaku SIG dan Inderaja software ini sudah bukan barang baru lagi, sering digunakan karena berbagai ratusan format data bisa dibaca olehnya. Soal harga, dibanding ArcGIS tentunya harga resminya jauh lebih murah, hanya US$ 549 sudah termasuk ekstensi tambahan seperti tools untuk mengolah LIDAR, bandingkan dengan ArcGIS yang mencapai US$ 1.500 untuk single license belum include ekstensi tambahan.

Ketika diinstal Global Mapper 21 ini akan memerlukan space hardisk kurang lebih 500 mb, tapi itu sesuai dengan kinerjanya yang memang baik. Satu hal penting lagi adalah kemampuannya dalam mengelola data spasial, menampilkan vektor seperti shapefile beserta atribute table nya yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Ini bisa dipadukan dengan menampilkan format data lainnya terutama raster.

Salah satu asyiknya menggunakan Global Mapper ini adalah kemampuannya menampilkan data DEM semacam SRTM, DEMNAS dan sejenisnya yang handal, tampilan 3D nya smooth, langsung bisa dimunculkan dengan konturnya sekalian. Kemampuannya memadukan tampilan raster dan kontur juga bagus untuk digunakan, dan termasuk di dalamnya kemampuan untuk melakukan georeference data raster. Seperti dicoba oleh lintas bumi di bawah ini, di mana menampilkan data DEMNAS untuk wilayah sekitar Gunung Kerinci dan Danau Kerinci di perbatasan Provinsi Sumatera Barat dan Jambi. Untuk tampilan 3D ini akan sangat bergantung kepada kemampuan grafis sesuai spesifikasi laptop yang digunakan oleh penggunanya, sehingga kemungkinan ada yang tidak bisa berjalan secara optimal.

Pada awal tahun 2020 ini, Global Mapper telah dirilis pada versi 21. Menurut situs Global Mapper 21, terdapat beberapa perbaruan antara lain;

  • Ekstensi MangoMap Baru, sebagai hasil dari upaya pengembangan kolaboratif antara Blue Marble dan Mangga, ekstensi ini memungkinkan pengguna Global Mapper untuk dengan cepat dan mudah mengatur langganan MangoMap dan menerbitkan peta online untuk berbagi dengan klien.
  • Global Mapper Mobile 2.0®, bersamaan dengan rilis Global Mapper Desktop, versi baru aplikasi Global Mapper Mobile yang populer untuk iOS dan Android kini tersedia. Versi 2.0 mencakup antarmuka yang ditingkatkan, streaming data online, pencarian atribut, dan versi Pro baru dengan alat pemetaan seluler yang lebih canggih.
  • Peningkatan Kemampuan Lapisan (layer) Fitur Vektor, pembuatan dan pengelolaan data vektor telah meningkat secara signifikan dengan setiap kotak dialog vektor menawarkan serangkaian opsi lengkap untuk menetapkan objek ke lapisan yang sesuai.
  • Kemampuan untuk menganimasikan rangkaian layer dari waktu ke waktu, analisis SIG sering melibatkan analisis perubahan dari waktu ke waktu. Alat visualisasi baru di Global Mapper v21 menawarkan cara untuk melihat urutan layer sebagai animasi berjangka waktu atau keyframe
  • Pembuatan dan manajemen label fitur yang ditingkatkan, peningkatan besar dalam kemampuan kartografi Global Mapper, fungsi pelabelan sekarang mencakup opsi untuk membuat lapisan label terpisah, di mana label dapat dengan cepat dan mudah dipindahkan, diedit, atau dihapus.
  • Transparansi raster yang ditingkatkan, termasuk opsi untuk memilih beberapa warna agar transparan.
  • Alat Reklasifikasi Raster baru, yang memungkinkan pengguna untuk menetapkan kembali nilai indeks palet piksel dan dapat digunakan untuk mengganti nilai, nilai kelompok bersama, dan mereklasifikasi nilai ke skala umum.

Penasaran ingin mencoba? silahkan unduh dengan mengklik link di bawah ini;
Master install Global Mapper 21      Unduh
Cara install + password     Unduh

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *