Gak Perlu Ribet Menggunakan Global Mapper, Pakai Yang Versi Portable (v20.0.0 Terbaru 2019)

Untuk membuka data spasial yang saat ini sudah beragam jenis atau format ekstensi file nya, tentu diperlukan software SIG yang mempunyai kemampuan membaca banyak format tersebut. Memang harus diakui pada beberapa software SIG masih mempunyai keterbatasan dalam kemampuannya untuk membaca, atau bahkan mengekspor dan mengimpor berbagai format data spasial. Untuk mengatasinya terkadang pengguna SIG menggunakan tambahan software lain, salah satunya adalah Global Mapper.

Global Mapper dalam perkembangannya sampai saat ini, ternyata tidak hanya mampu untuk membaca (baik offline maupun online), mengekspor dan mengimpor berbagai format data spasial, namun juga sudah bisa digunakan untuk mengedit, mengolah, dan menganalisis data spasial bahkan sampai data spasial 3 dimensi (3D). Sehingga tidaklah heran software ini banyak dicari dan digunakan oleh pengguna SIG di seluruh dunia.

 

Kini lebih praktis : Global Mapper 20 Portabel

Saat ini sudah tersedia juga Global Mapper yang bersifat portable. Nah, pada postingan ini Lintas Bumi akan berbagi installer Global Mapper v20.0.0 Portable rilis terbaru (b091818) per Januari 2019. Versi 20 ini sebetulnya dirilis dari bulan September 2018. Seperti diketahui Global Mapper adalah salah satu software viewer data-data spasial yang mumpuni karena mampu membaca, mengimpor ataupun mengekspor banyak sekali format data spasial yang bahkan diperbaharui terus jumlahnya pada setiap rilis versi terbarunya termasuk yang satu ini.

Karena bersifat portable, cara install Global Mapper versi ini mudah sekali, jadi kita hanya tinggal copy folder GlobalMapper20 ke lokasi yang anda inginkan. Installer sudah disertai dengan file lisensinya (.lic). Ketika pertamakali menjalankan file global_mapper.exe maka akan dinotifikasi lisensi yang harus dimasukan. Arahkan ke file lisensi yang ada pada folder GlobalMapper (file .lic), akan ada 3 file lisensi yang diperlukan (ditanyakan) yaitu untuk Global Mapper, LIDAR Module, dan OTF Module. Namun walaupun portable, Global Mapper versi ini sama mumpuninya dengan yang versi desktopnya.

 

Pembaruan pada Versi 20.0 – Dukungan yang Diperluas untuk Bekerja dengan Model 3D

Mencerminkan semakin pentingnya data 3D dalam bidang SIG, banyak peningkatan fungsional di Global Mapper versi 20 berkaitan dengan fungsionalitas 3D perangkat lunak. Model atau jaring 3D sekarang dapat ditransformasikan menjadi cloud titik yang selanjutnya dapat diproses menggunakan alat pengeditan dan penyaringan LiDAR Global Mapper yang luas. Mode penerbangan gratis baru memberikan perspektif seperti game 3D dalam Penampil 3D. Untuk tampilan 3D pada versi 20.0.0 juga memerlukan dukungan OpenGL 3.3 pada kartu grafis anda.

Fungsionalitas baru tambahan pada Global Mapper v20.0.0 ini mencakup beberapa opsi baru dalam alat Tata Letak Peta, dukungan yang diperluas untuk gerakan jari saat menggunakan komputer layar sentuh, peningkatan dramatis dan peningkatan kinerja, terutama ketika bekerja dengan file vektor besar, dan alat pipet mata baru untuk secara tepat memilih warna selama berbagai operasi raster.

Versi 20.0.0 juga memperkenalkan proses lisensi software yang ramping yang mengintegrasikan aktivasi perangkat lunak dengan akun pengguna secara online. Antarmuka baru ini menyederhanakan prosedur untuk memverifikasi nomor pesanan atau bahkan meminta lisensi uji coba sementara.

Untuk harga resmi software Global Mapper 20 ini, dari berbagai sumber mengatakan sekitar US$ 549 itu belum termasuk modul untuk lidar nya yang juga berharga sama, jika dikalkulasi ke dalam rupiah dengan asumsi US$ 1 = Rp. 14.000 maka harga nya Rp. 7.686.000.

Tampilan Global Mapper 20 Portable

Tertarik? Silahkan unduh di

Link Global Mapper v20.0.0 32 Bit

Link Global Mapper v20.0.0 64 Bit

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *